Masih dalam rangkaian kegiatan safari Ramadan, Pemkab Sanggau kembali mengadakan kegiatan Safari Ramadhan di Dusun Sebongkup Desa Nanga Biang Kapuas pada Rabu (15/06). Turut dalam rombongan safari adalah Staf Ahli Bupati Drs. HM Syafarani, Sekcam Kapuas Ambari, SIP dan Pelaksana Humas Kemenag Fathurohman, S.Sos

Rombongan safari berangkat menggunakan speedboat dari Dermaga Lanting PT Erna ba’da Asyar. Rombongan sengaja mengambil jalur sungai karena bilamana melewati jalur darat dikhawatirkan kondisi jalan yang buruk dan menghabiskan waktu.

Dalam sambutan awalnya, Ambari menyatakan bahwa tujuan daripada safari Ramadhan ini adalah untuk mempererat jalinan silaturahmi antara masyarakat dengan pemerintah. Selain itu juga untuk melihat perkembangan pembangunan di wilayah-wilayah terpencil seperti Desa Sebongkup ini.

”Seperti saat ini kami melihat ternyata proyek jalan juga belum dieksekusi. Padahal proposal sudah ditandatangani” kata Ambari

Sementara itu Staff Ahli Bupati HM Syafarani lebih menekankan pada upaya menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam membangun. Menurut Syafari, tidak semua proyek pembangunan harus dibiayai dan mengharapkan bantuan dari pemerintah. Misal kalau sekedar merenovasi WC dan tempat wudlu saja sebenarnya masyarakat sudah mampu.

Selanjutnya Fathurahman sebagai penceramah dalam kegiatan safari tersebut menyampaikan harapannya agar puasa menjadi sarana untuk mencuci hati, memperkuat benteng diri. Tujuannya agar kita punya kecerdasan nurani. Karena kalau manusia hanya mengandalkan otak dan fisik semata, maka hidup akan serasa kering kerontang tanpa makna.

Kecerdasan nurani adalah kecerdasan emosi yaitu kemampuan pengendalian diri dari pengaruh luar ataupun juga dari dalam. Pengaruh luar, apakah itu tata pergaulan, tehnologi dan ilmu pengetahuan, bisikan setan maupun kawan-kawan harusnya dapat difilter dengan membangkitkan kembali bahasa nurani. (Fathur_Sanggau)

Berita: