Sintang - Dalam rangka menyambut malam Idul Adha 1440 H, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar Pawai Keliling Malam Takbiran Idul Adha 1440 H bersama Unsur Forkopimda, Instansi dan Ormas Islam dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Sintang, Sabtu (10/08/2019) malam.

Diawali di depan Pendopo Bupati Sintang, kegiatan yang dilaksanakan usai shalat Isya tersebut dilepas langsung oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH. Adapun rute yang ditempuh, diawali dari depan Pendopo Bupati menuju jalan Kelam, dilanjutkan menuju jalan Yc. Oevang Oeray, jalan Lintas Melawi dan jalan MT. Haryono. Peserta pawai keliling malam takbiran kemudian kembali menuju arah Polres sintang dan berakhir di depan pendopo. Kegiatan pawai keliling malam Takbiran Idul Adha 1440 H di awali dengan do'a bersama yang di bacakan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sintang, Drs. H. Ulwan, M.Pd.I

Ketua PHBI Kab. Sintang H. Anang Nurkhalis, SE., S.HI.,M.Si dalam laporannya kegiatan ini atas inisisasi PHBI Kab. Sintang beserta Ormas Islam lainnya, wabil Khusus MUI, DMI Kab. Sintang. “Terimakasih kepada Bapak Bupati Sintang yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, demikian juga kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Ka. Polres Sintang beserta jajarannya, peserta pawai keliling yang berjumlah 50 mobil dan 250 kendaraan bermotor semoga Allah SWT meneriman dan menilai amal ibadah kita semua, Aamiin ya rabal ‘alamin”.

Akhir kata, ketua PHBI Kab. Sintang Anang juga menyampaikan akan melaksanakan kegiatan sholat Idhul Adha 1440 H  bertempat di lapangan sepak bola depan Kodim 1205 Sintang.

Dalam sambutannya Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan korkopinda, Anggota DPRD Kab. Sintang, Kepala Kementerian Agama Kab. Sintang, Ketua MUI dan pengurus Orma Islam, Rekan rekan Asisten Perangkat Daerah dan peserta Takbir Akbar menyongsong Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Bupati Sintang mengajak seluruh elemen masyarakat sama sama mendoakan agar jutaan umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah haji dimana ada 153 Jemaah haji dan 1 orang TPHD diberikan kesehatan, keselamatan dapat menyempurnakan rukun wajib dan sunah haji dan Insya Allah dapat kembali ke kabupaten sintang dalam keadaan sehat dan menyandang haji mabrur dan mabrurah.

“Tujuan dari takbir ini adalah menyerukan kebesaran kepada Allah SWT, tentunya kita berterimakasih kepada jajaran Polres Sintang yang turut membantu agar takbir ini berjalan dengan aman dan damai” ucapnya.

Selain itu Hari Raya Idul Adha tidak saja dimaksudkan kepada kita untuk mencapai kesalehan individual tetapi juga kesalehan sosial dimana persaudaraan, kepekaan rasa kita untuk dapat saling membantu untuk saudara saudara kita yang membutuhkan inilah saatnya kita tunjukkan.