Kafilah Kabupaten Sanggau berhasil meraih 6 medali dalam ajang MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang baru saja digelar di Kabupaten Mempawah. Raihan 6 medali tersebut sekaligus menempatkan Sanggau di peringkat ke 6 pada ajang tersebut. 

Ketua LPTQ Kabupaten Sanggau H Rony Fauzan menyampaikan bahwa keenam medali ini diraih melalui cabang Hafalan Qur'an 5 Juz, 10 juz dan 20 Juz serta 2 Medali di cabang khotil Qur'an. Menurut H Ronny, untuk menghadapi MTQ  Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sekadau, LPTQ akan lebih konsen di bidang tilawah QUr'an yang sampai saat ini belum meraih prestasi.

"Kami akan mencari bibit-bibit baru yang semoga bisa berprestasi. Bilamana perlu, mereka akan kita kirim ke pesantren yang focus pada tilawah Qur'an sehingga bisa mencetak prestasi lebih baik lagi," jelas Fauzan

Sementara itu, Kepala Kemenag Sanggau Drs M Taufik menyatakan bahwa untuk kategori daerah hulu (pedalaman), Sanggau sudah berhasil meraih hasil yang cukup memuaskan. Rangking 5 atau 6 memang raihan yang realistis bagi Sanggau. Sangat susah untuk mengejar prestasi wilayah-wilayah pesisir, seperti Mempawah, Pontianak, Singkawang, Sambas atau Kuburaya. Tapi bilamana terjadi kerjasama yang bagus,antar sektor dan pihak-pihak terkait, mungkin prestasi ini bisa ditingkatkan. (fathur)

Berita: