SINGKAWANG. Sebanyak dua puluh empat orang santri-santriwati pondok pesantren ushuluddin Kota Singkawang akan mengikuti tes  seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang diselenggarakan Kementerian Agama RI pada Senin (14/05) di Pontianak.  “ Insya Allah pada senin tanggal 14 Mei ini sebanyak dua puluh empat orang santri-santriwati kita akan mengikuti seleksi beasiswa santri  berprestasi untuk masuk perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia yang seluruh biaya kuliahnya dibiayai Kementerian Agama RI”, ungkap KH Bujang Rasnie saat memberikan kata sambutan dalam acara milad pondok pesantren ushuluddin ke 44 pada Sabtu (12/05).

Kepada seluruh hadirin yang hadir, KH Bujang Rasnie meminta untuk mendoakan santri-santriwati yang akan mengikuti tes seleksi beasiswa santri untuk dapat lulus. “ Kita doakan mudah-mudahan pada tahun ini, ada lagi santri-santriwati kita yang lulus dalam program beasiswa santri ini”, pintanya. Menurutnya dalam program ini, setiap tahun ada santri-santriwati pondok pesantren ushuluddin yang lulus, yang saat ini jumlahnya ada sembilan orang yang tersebar di beberapa perguruan tinggi negeri di pulau Jawa. “  Alhamdulillah dalam program ini santri-santriwati kita setiap tahun ada yang lulus, yang saat ini telah berjumlah 9 orang. Sekarang ada yang lagi kuliah di UIN Jakarta di jurusan Pendidikan Dokter dan jurusan Keperawatan,  ada yang di Institut Teknologi Surabaya (ITS) , UIN Bandung dan UIN Surabaya, “sebutnya.

Dijelaskan KH Bujang Rasnie, program ini hanya untuk siswa pada madrasah Aliyah di bawah naungan pondok pesantren. “Ini merupakan salah satu bentuk kelebihan siswa yang belajar ke madrasah aliyah di bawah naungan pondok pesantren dengan adanya program beasiswa santri setiap tahun.  Bapak-ibu, inilah kelebihan dari madrasah Aliyah yang berada di bawah  naungan pondok pesantren, dan program ini tidak ada pada madrasah Aliyah yang tidak ada pondok pesantrennya”, ucapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Nahruji menegaskan bahwa Kementerian Agama setiap tahunnya selalu memberikan beasiswa pendididkan kepada santri-santriwati untuk melanjutkan ke perguruan tinggi melalui program beasiswa santri berprestasi, yang seluruh biaya kuliahnya dibiayai Kementerian Agama RI. “ Alhamdulillah santri dari pesantren ushuluddin setiap tahunnya ada yang lulus dalam program ini, dan kita doakan mudah-mudahan pada tahun ini ada lagi yang lulus”, ucapnya

PBSB merupakan program dari Kementerian Agama RI yang merupakan sebuah program untuk perluasan akses santri untuk melanjutkan studi melalui suatu program yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri yang memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian pasca lulus. (miftah)

Berita: