Jakarta (08/05), Menurut Syamsudiin Kasubbag Data Pendidikan Agama dan Keagamaan pada Biro Humas Data dan Informasi  secara garis besar, data di kementerian Agama dibagi dalam empat kategori yaitu : Keagamaan, Pendidikan, Haji dan Umrah, dan Tata Kelola. Data tersebut dikelola oleh unit eselon I dan II Kementerian Agama dengan berbagai Platform dan metodologi pengumpulan data, hal ini sering disebut sebagai Kepulauan Data. Hal ini disampaikan Syamsudiin pada kegiatan Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Siber serta Penanganan Media Sosial Kemenag, di Jakarta, Selasa (08/05). 

Lebih lanjut menurut Syamsuddin akhirnya masyarakat mengalami kesulitan dalam mengakses data di Kementerian Agama karena harus mengakses banyak alamat, belum lagi menimbulkan terjadinya tumpang tindih data yang tidak seragam karena perbedaan metodologi pengumpulannya, dan  Biro Perencanaan mengalami kesulitan dalam mengambil data acuan untuk keperluan perencanaan.

Mengingat Kondisi data di Kementerian Agama tersebut, maka Kementerian agama pada tahun 2017 membangun Pusat Data, sekaligus menyambut kebijakan pemerintah pusat tentang Layanan Satu Data (One Data) yaitu Satu Data Indonesia yang digagas oleh Kantor Sekretariat Presiden (KSP) bersama Bappenas dan didukung oleh BPS dan Badan Informasi Geospatial (BIG). Data tersedia dalam format terbuka yang mudah digunakan kembali, dengan tujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah, serta untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pembangunan.

"Dalam Roadmapnya, Pusat Data Kementerian Agama dibangun secara bertahap hingga tahun 2019. Pada tahun 2019 diharapkan seluruh sistem informasi di Kementerian Agama sudah terintegrasi. Integrasi data yang dimaksud adalah penyatuan data yang ada di sistem informasi masing-masing unit eselon I atau II, dengan cara menarik data dari semua sistem tersebut secara otomatis. Manakala terjadi proses update data di sistem yang ada di unit eselon I/II, maka di pusat data juga akan langsung ter-update," ujar Syamsudiin pada kegiatan yang dihadiri oleh jajaran Biro Humas Data dan Informasi serta Kasubag Informasi dan Humas pada Kanwil Kemenag se-Indonesia tersebut. (fa)

Berita: