MEMPAWAH_Kamis (8/6/2017) Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah melakukan sosialisasi pengisian raport online EMIS di beberapa KKM, salah satunya adalah KKM MTsN Siantan. Sosialisasi dilakukan melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM) mulai dari tingkat Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Adapun Kelompok Kerja Madrasah yang mendapatkan sosialisasi sebanyak 6 KKM yang ada di wilayah Kabupaten Mempawah yaitu: KKM MAN Mempawah, KKM MTsN Mempawah, KKM MTsN Sungai Pinyuh, KKM MTsN Siantan, KKM MIS Sui Bakau Besar laut, dan KKM MIN Galang.

Menurut Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Ikhwan Pohan, bahwa pelaksanaan sosialisasi dilakukan untuk mempercepat pengisian aplikasi nilai raport bagi peserta ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2016/2017, yang prosesnya dilaksanakan secara online yaitu melalui aplikasi EMIS dimana aplikasi tersebut merupakan data satu pintu di Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Mulyadi, S.Pd.I selaku pelaksana pada Seksi Pendidikan Madrasah Kemanag Mempawah menjelaskan penginputan nilai raport secara online melalui aplikasi EMIS tersebut merupakan hal yang pertama kali dilaksanakan dan baru dimulai pada tahun ini, sehingga harus segera untuk dilakukan sosialisasi agar semua Madrasah di Kabupaten Mempawah dapat memprosesnya sesegera mungkin.

Mulyadi juga mengatakan saat ini semua guru Madrasah sudah semua konsentrasi dalam mengikuti petunjuk-petunjuk pengisian aplikasi tersebut, dimana pengerjaannya harus diselesaikan sesuai waktu yang telah di sediakan oleh Dirjen Pendis Kemenag RI Jakarta. Tampak beberapa operator yang sedang menginput data rapot, walaupun sedang dalam keadaan berpuasa, namun tetap peunuh semangat.  (Rudi&Mul_Mpw).