Pelaksanaan Pawai Ta’aruf dalam rangka Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) XXVII Provinsi Kalimantan Barat di Mempawah berlangsung dengan meriah, Minggu, 1 Juli 2018. Kegiatan Pawai kali ini dilepas oleh Pj Gubernur Kalimantan Barat Drs. Doddy Riyadmadji, MM yang didampingi oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Ridwansyah, M.Si dan Bupati Mempawah Drs. H. Ria Norsan, MM.

Pawai Ta’aruf ini dimulai dari Halaman Stadion Opu Daeng Manambon Mempawah menuju jalan raya di Kota Mempawah yang disaksikan oleh Ribuan masyarakat di sepanjang jalan. Pelaksanaan pawai dimeriahkan dengan pawai kendaraan mobil Hias dari perwakilan 14 Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat, serta ditambah dengan peserta dari SKPD, Ormas Islam di lingkungan Kabupaten Mempawah.

Pawai dimulai pada pukul 08.30 WIB. Sampai selesai pada pukul 11. 00 WiB. Adapun masing-masing peserta akan dinilai oleh dewan juri untuk terpilih sebagai juara terbaik 1, 2 dan 3.

Setiap Kabupaten wajib mengikuti kegiatan ini dan menampilkan atraksi menarik dari daerah masing-masing, Baik dari corak pakaian daerah, Musik Islami, dan kebudayaan lainnya dari daerah masing-masing yang diiringi dengan sinopsis dan profil daerah.

Pelaksanaan Pawai Ta’aruf dalam rangka Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) Provinsi Kalimantan Barat ke-26 disambut baik oleh masyarakat Mempawah, hal ini terlihat dari begitu antusiasnya masyarakat menyaksikan kegiatan tersebut yang memadati pinggir jalan. (Ir-Inmas)