Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak pada hari Kamis (28/9) mengelar acara Khataman Al-Qur’an di aula Kantor Kemenag Kota Pontianak.Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menamatkan pembacaan Al-Qur’an yang selama ini rutin dilakukan para pegawai muslim setiap ba’da ashar. Sebelum acara khataman dimulai terlebih dahulu dimulai dengan kata sambutan ketua panitia, Sunardi,SH,M.Si. dalam sambutannya Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Pontianak ini mengungkapkan sejak kapan program pembacaan al-qur’an di Kemenag Kota Pontianak dimulai kepada para hadirin. “Bermula dilantiknya bapak Jawani pada tanggal 12 Oktober tahun 2016 yang lalu. Setelah beberapa bulan, kalau tak salah bulan Januari, dimulailah kegiatan ini. Kegiatan pengajian rutin Al-Qur’an yang kita laksanakan setiap ba’da ashar. Sampailah mungkin kurang lebih delapan bulan bapak ibu pengajian ini, sampailah kita pada hari ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, mantan Kasubbag Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Kalbar ini menginggatkan kembali bagi dirinya juga untuk bapak ibu pegawai yang hadir, tentang masa kecil berkaitan dengan belajar mengaji sampai dengan kemudian mengkhatamkan Al-Qur’an. “Saya teringat masa kecil, juga bapak ibu sekalian. Pada saat itu kita diantar bapak kita, untuk mengaji dan diserahkan pada guru. Pada akhirnya, kita mengkhatamkan Al-Qur’an. Saya teringat itu, orang tua saya menangis, mungkin bapak ibu juga seperti itu melihat anaknya sudah mengkhatamkan Al-Qur’an. Betapa pentingnya bagi kita umat islam, salah satu paling mendasar diantara ibadah-ibadah lain,yakni membaca Al-Qur’an ,” jelasnya.

Kemudian, Pejabat Penandatangan SPM Kemenag Kota Pontianak ini berharap agar setelah khataman ini, kegiatan pembacaan Al-Qur’an masih tetap dilanjutkan. “Program yang bagus menurut saya, kita teruskan selanjutnya, siapapun yang jadi kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak,” katanya menyampaikan harapan didepan Drs.H. Jawani, Kepala Kemenag Kota Pontianak, para kasi/penyelenggara, kepala KUA, Kepala Madrasah dan pegawai lainnya yang hadir.

Pejabat eselon IV A ini menyampaikan manfaat yang dirasakannya dari pembacaan Al-Qur’an secara rutin selama ini setiap ba’da ashar tersebut. "Salah satu manfaat yang saya rasakan, kenikmatan yang dirasakan, setelah mengaji terasa lapang rasanya,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, pejabat yang dilantik pada tanggal 12 Oktober 2016 sebagai Kasubbag T.U Kemenag Kota Pontianak ini berharap kepada Allah SWT agar Al-Qur’an bisa memberikan syafa’at karena rutin dibaca. “Mudah-mudahan dengan kita membaca Al-Qur’an ini, syafa’at Al-Qur’an untuk kita dari kita hidup sampai masuk keliang kubur,” harapnya.(Gunawan_Ptk).

Berita: