Kabar yang menggembirakan bagi masyarakat Kabupaten Sanggau, bahwasanya akan berdiri satu MTs Negeri lagi di Kabupaten Sanggau. Mts tersebut adalah MTs Negeri Tayan Hilir di kelurahan Pedalaman Kecamatan Tayan Hilir Sanggau. Awalnya MTs ini merupakan MTs swasta milik Yayasan Al Hikmah yang biasa disebut MTs Al Hikmah. Dalam proses selanjutnya ada keinginan untuk me Negeri kan MTs ini dan hal ini telah berlangsung selama 2 tahun. 

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Sanggau H Abdurokhman, S.IP menyampaikan bahwa proses mediasi untuk me Negeri kan MTs ini telah melalui tahapan waktu yang cukup lama. Mulai dari rapat antara pengurus yayasan dengan pihak masyarakat dan Kementerian Agama dan kemudian diikuti oleh proses surat-menyurat maupun pengurusan administrasi perubahan ke kanwil dan Kemenag Pusat

Keluarnya sertifikat tanah atas nama MTs Negeri Tayan Hilir ini merupakan langkah awal untuk proses pe-Negeri-an . Untuk selanjutnya H ABdurokhman akan membawa copy sertifikat tersebut untuk proses perubahan status madrasah ke kanwil Prov Kalbar dan Kemenag RI. HAbdurokhman mentargetkan sebelum tahun ajaran tahun 2018/2019, MTs Negeri Tayan Hilir sudah bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Sanggau. (fathur)

Berita: