Sambas - Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sambas sudah mulai mengumpulkan koper di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jumat  (11/8). Pengumpulan koper dilakukan selama 2  hari sejak kemarin mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.  Koper-koper yang tiba di Aula Kementerian Agama Kabupaten Sambas langsung didata sesuai daftar jemaah dan dipisahkan berdasarkan rombongannya. Usai diperiksa, koper-koper itu akan langsung dikirim ke  Asrama Haji Pontianak pada Sore harinya dan tiba lebih dulu dibanding pemiliknya.

Jumlah koper dari Kabuaten Sambas 307  buah sesuai jumlah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci. Untuk memudahkan pencarian, setiap calon haji diberikan identitas khusus seperti pita atau tanda kain.

Banyak cara calon haji mengamankan barang-barangnya di Tanah Suci. Sejumlah calon haji menandai koper mereka dengan menempelkan berbagai aksesoris unik agar tidak tertukar dengan koper calon haji lain.

"Kalau ada tandanya kan jadi gampang nyarinya,” ujar  , salah satu calon jamaah.

Petugas tidak melarang calhaj menempelkan berbagai aksesoris unik untuk memudahkan mengenali koper, asalkan barang tersebut tidak kategori benda-benda tajam dan dilarang. Sesuai aturan memang calon haji tidak diperbolehkan membawa berbagai benda tajam dan benda cair yang dapat membahayakan penerbangan. (HNK_Humas Kemenag Sambas)

Berita: