Bulan Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah yang didalamnya terdapat kewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa bagi umat Islam tentunya. Selain di bulan di mana diwajibkan melaksanakan Puasa Ramadhan di dalamnya tak jarang juga bulan Ramadhan ini digunanakan untuk salaing berkumpul dan menebarkan kebaikan di dalamnya. Berkumpul dengan saling berbagi kebahagiaan melalui buka puasa bersama dan menebarkan kebaikan dengan cara membantu dan membagikan rizki kepada sesama umat dan tak jarang antar pemeluk agama. Momentum inilah yang di gunakan dan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Singkawang bersama dengan jajaran aparaturnya di daerah dan juga Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Penais Zawa) H. Kaharuddin, S.Ag beserta rombongan dan staffnya.

Acara silaturahmi ini diagendakan sebagai acara Silaturahmi Ramadhan Pemerintah Kota Singkawang dan Pelepasan Tim Safari Ramadhan Kota Singkawang Tahun 2018. Hadir dalam acara Silaturahmi Ramadhan ini Walikota Singkawang Ibu Tjhai Chui Mie bersama jajaran (Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Turut hadir juga PLT Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyadmaji yang dalam kesempatan ini keduanya memberikan sambutan dan wejangan dalam acara Silaturahmi Ramadhan yang bertempat di Aula Kantor Walikota Singkawang. Acara dimulai pada pukul 16.30 WIB dengan dibuka oleh lantunan ayat suci Al-Quran yang selanjutnya disambung dengan sambutan Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie. Dalam sambutannya Tjhai Chui Mie mengungkapkan kesyukuran atas terlaksananya acara Silaturahmi Ramadhan ini serta ucapan selamat datang kepada rombongan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Kota Singkawang yang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Kalimantan Barat. "Saat ini Kota Singkawang sedang giat-giatnya menggalakan pembangunan di segala sektor termasuk dalam pembinaan keagamaan. Hal ini merupakan wujud visi dan misi Kota Singkawang yaitu Harmonis Dalam Beragama, Etnis dan Budaya". Ungkap Walikota Singkawang ini. Selanjutnya Tjhai Chui Mie menjelaskan tentang tujuan diadakannya kegiatan Silahturahmi Ramadhan. “Kegiatan ini bertujuan untuk : 1. Meningkatkan pembinaan mental dan spiritual umat beragama khususnya agama Islam. 2. Mensosialisasikan program-program pembangunan baik yang sedang maupun akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Singkawang. 3. Menampung aspirasi dari masyarakat sebagai salah satu masukan dalam program pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun-tahun yang akan akan datang. 4. Penyerahan secara simbolis hibah dari Pemerintah Kota Singkawang kepada sarana peribadatan atau masjid yang akan dikunjungi,” paparnya.

Di kesempatan ini juga PLT Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyadmaji memberikan sepatah dua patah dalam mengapresiasi kegiatan Silaturahmi Ramadhan ini yang juga berdekatan dengan tahun politik di  Kalimantan Barat. Dodi Riyadmaji mengajak kepada masyarakat Kota Singkawang menyambut bulan Ramadhan ini dengan hati yang ikhlas dan gembira karena Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti umat muslim dimana pintu-pintu amalan dibuka dengan seluas-luasnya dan segala perbuatan baik dilipat gandakan. Selain itu Dodi Riyadmaji juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Singkawang yang dengan tulus menerima silahturahim Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat beserta rombongannya yang termasuk juga di dalamnya rombongan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang di dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Penais Zawa H.Kaharuddin di Aula Kantor Walikota Singkawang. “Bulan Ramadhan merupakan perwujudan rasa solidaritas dan rasa ukhuwwah berdasarkan iman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa”, ungkap PLT. Gubernur Kalimantan di hadapan para hadirin yang datang memenuhi rungan aula. Tidak lupa Dodi Riyadmaji mengajak kepada seluruh hadirin untuk saling berbagi kasih dengan cara berderma memanfaatkan momentum Ramadhan yang mulia ini kepada anak yatim dan masyarakat yang membutuhkan lainnya karena di dalam rejeki kita itu di dalamnya terdapat hak-hak orang lain. “Semoga dengan semangat puasa ini akan memberikan manfaat bagi kita semua untuk hidup bersinergi, rukun dan damai,” harapnya. Dodi Riyadmaji juga mengungkapkan dalam menghadi agenda besar di bumi Kalimantan Barat yakni Pemilukada yang akan dihelat sebentar lagi sangat dituntut kepedulian kita bersama baik sebagai tokoh agama maupun masyarakat untuk menjadi jembatan pengikat persatuan dan kesatuan dalam membangun keadamain dan keharmonisan bermasyarakat agar jangan sampai masyarakat kita yang selama ini telah hidup rukun dan damai terpecah belah saling membenci dan memusuhi.

Agar lebih terasa berkah dan memberikan manfaat dalam Silahturahmi Ramadhan ini H. Abdul Halim, Lc memberikan Tausiyah Diniyah sekaligus memimpin doa bersama untuk berbuka puasa. H. Abdul Halim, Lc mengungkapkan ada 4 hal perkara yang disenangi oleh Rasulullah SAW yakni 1. Menebarkan salam dan kedamaian 2. Memberi makan 3. Menjalin tali silahturrahim 4. Melaksanakan sholat malam ketika orang-orang sedang tertidur dengan pulasnya. Kesemuanya dapat direalisasikan bahkan diakomodir oleh Allah Subhanahu Wata’ala dengan dilipat gandakan amalannya pada bulan suci Ramadhan ini. Bahkan Allah memberikan karomah yang luar biasa kepada umat islam yang selalu senantiasa melaksanakan ibadah pada malam hari dengan istilah malam “Lailatul Qadar” yaitu malam di mana barang siapa yang mengerjakan kebajikan maka Allah akan lipat gandakan sejumlah 1000 bulan dari amal ibadahnya tersebut.

Dalam kesempatan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepada Bidang Penais Zawa H. Kaharuddin, S.Ag memberikan bingkisan penyambung tali silahturrahmi yang dalam hal ini diterima oleh Ketua MUI Kota Singkawang yaitu H. Mukhlis secara simbolis berupa 15 eksemplar Al-Qur’an yang semoga menjadi berkah dan menerangi kehidupan beragama di kota Singkawang. @luthfi/inmas