SINGKAWANG. Selasa malam tanggal 2 Januari 2017 setelah sholat Maghrib ruang Aula Kantor Kementerian Agama satu persatu dihadiri oleh tamu undangan untuk mengikuti kegiatan silaturahim dan do’a bersama yang digelar Panitia Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Hadir pada kegiatan ini Wakil Walikota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si beserta beberapa jajarannya beserta sekitar 200 (dua ratus) orang tamu undangan lain yang terdiri dari unsur pimpinan SKPD, Forkopimda, Pimpinan Pontren, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat Kota Singkawang.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke-72. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memohon do’a kepada Allah agar pelaksanaan peringatan HAB ke-72 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Karena menurutnya, manusia hanya bisa berencana dan Allah lah yang menentukan.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa salah satu tugas dan fungsi Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang adalah mengayomi masyarakat dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama khususnya di Kota Singkawang. “Alhamdulillah Kota Singkawang tahun 2017 kembali menduduki posisi top rank bersama Manado, Pematangsiantar dan Kota Salatiga sebagai Kota Tertoleran se-Indonesia.”  terangnya.

Kembali disampaikan Nahruji, bahwa prestasi tersebut tidak dapat dicapai jika hanya mengharapkan para penyuluh agama namun atas peran seluruh unsur yang ada. Untuk itu, sejalan dengan tema HAB ke-72 Kementerian Agama tahun 2018 yaitu "Tebarkan Kedamaian", ia mengajak seluruh hadirin agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian dan menjaga kerukunan dan keharmonisan yang telah tercipta di Kota Singkawang.

Sementara itu, wakil walikota Drs. H. Irwan, M.Si mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (dikenal dengan HAB) Kementerian Agama yang ke-72. Ia mengatakan bahwa usia 72 merupakan usia yang matang atau usia dewasa. Waktu 72 tahun bukan waktu yang singkat. Tentu seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Kemenag sangat berperan besar dalam membimbing dan membina masyarakat sehingga tercipta kehidupan yang rukun dan harmonis.” ujarnya. Irwan berharap dengan bertambah usia, kinerja Kementerian Agama khususnya Kemenag Kota Singkawang akan semakin profesional dan tetap amanah dan istiqomah dalam membimbing ummat beragama untuk bersama-sama pemerintah Kota Singkawang menjaga ketentraman dan kerukunan hidup di masyarakat.

Adapun rangkaian kegiatan silaturahim dan do’a bersama yang dilaksanakan diawali dengan pembacaan surat Yasin dan diakhiri dengan tausiah oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Fatah Ust. Hasbi sekaligus ditutup dengan pembacaan do’a.(Jk/hms)

Berita: