Pada senin (09/07) pagi Kakanwil Kemenag Kalbar, Drs.H. Ridwansyah, M.Si menerima kunjungan pengurus MUI Kalbar. Kedatangan rombongan disambut oleh langsung  druangan kerja beliau diampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha.

Tujuan silaturahmi tersebut adalah untuk memperkenalkan pengurus MUI yang baru. Rombongan MUI kalbar diketuai oleh Basri HAR selaku pimpinan tertinggi.

Dalam pertemuan tersebut Basri Har mengatakan saat ini program MUI cukup banyak menyelesaikan permasalahn yang terjadi di masyarakat terutama beberapa bulan lalu MUI bersama Pemerintah Daerah Kalbar, Pengurus FKUB dan Kemenag Kalbar telah melakukan berbagai pertemuan dan kesepatakan yang ditandatangani bersama. Hal ini merupakan upaya untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan Umat beragama terutama menjelang Pemilu daerah Kalbar. "Alhamdulillah, Pilkada yang telah kita jalani kemarin, berjalan dengan lancar," ujar Basri HAR.

Selain itu dijelaskan kembali oleh Beliau bahwa secara rutin MUI juga menghadiri kegiatan rukyatul hilal penetapan awal 1 ramadhan dan 1 syawal menjelang hari raya idul fitri. Ini merupakan salah satu bentuk kerja sama dan koordinasi yang baik antar MUI dan Kementerian Agama Provinsi Kalbar.

Tidak hanya itu, selama bulan ramadhan MUI juga ikut memantau dan menjaga suasana ramadhan yaitu menjaga kenyamanan umat islam selama menjalankan ibadah puasa. Seperti menghimbau kepada pemilik rumah makan untuk mengkondisikan suasana rumah makan sebagai bentuk pernghormatan kepada umat islam yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Ridwansyah merasa senang dengan kunjungan para pengurus MUI Kalbar. Beliau sangat mengaapresiasi kinerja MUI selama ini dalam membantu kinerja Pemerintah Daerah Kalbar dan Kementerian Agama dalam meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai agama dan keagamaan serta dalam menjaga dan meningkatkan keharmonisan masyarakat Kalbar.

“Semoga Jalinan Komunikasi dan Koordinasi antar Kementerian Agama dan MUI ini dapat berjalan dengan lancar sampai seterusnya,” harap Ridwasnyah. (Ir/Wns_Inmas)

Berita: