BENGKAYANG_Selasa (30/5)sejak selepas sholat ashar Aula terbuka lantai V Kantor Bupati Bengkayang telah mulai dipenuhi oleh tamu undangan silaturahmi Ramadhan Gubernur Kalimantan Barat bersama masyarakat Kabupaten Bengkayang. Acara yang dimulai pada pukul 16.00 Wib itu dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, M.H yang didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang.

Silaturahmi Ramadhan ini dihadiri juga oleh Jajaran yang mendampingi Gubernur, Forkopimda Kabupaten Bengkayang, Camat Se-Kabupaten Bengkayang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat, Serta Undangan Lainnya. Hadir pula para Kepala Badan dan Kepala Instansi Vertikal  termasuk Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Mi’rad, S.Ag dan Kasubbag TU H. Damsir, S.Ag beserta Kepala-Kepala KUA Se- Kabupaten Bengkayang.

Acara silaturahmi Ramadahan 1438 H ini diawali dengan ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Ramli, S.HI. Ramli saat ini menjabat sebagai Kepala KUA Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang. Dalam Ceramahnya Ramli menghimbau agar masyarakat Bengkayang agar dapat saling hormat dan menghormati baik itu antar agama, suku dan ras. Ditengah keberagaman ini, saling toleransi dan hormat menghormati adalah sesuatu yang mutlak, karena jika hilang toleransi dan hormat menghormati maka hilang pula kedamaian di Bengkayang ini. Ramli mengajak para hadirin agar tidak masyarakat Bengkayang tidak mudah termakan isu-isu yang belum tentu kebenarannya, jika ada isu yang meresahkan maka lebih baik diteliti dulu kebenarannya, karena bisa jadi isu tersebut hanya untuk memprovokasi saja. Ramli juga menjelaskan tentang manfaat pua bagi kesehatan.

Setelah ceramah agama dilanjutkan dengan sambutan dari dari Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, M.Pd yang mana Gidot mendahuluinya dengan mengucapkan selamat berpuasa kepada umat Muslim yang menjalaninya. Dilanjutkan dengan laporannya kepada Gubernur tentang situasi dan kondisi terkini di Kabupaten Bengkayang, yang menurutnya masih kondusif dan damai.

Sambutan berikutnya adalah dari Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, M.H, tak berbeda dengan Bupati Bengkayang Cornelis mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat berpuasa kepada umat Muslim yang menjalaninya. Cornelis mengajak kepada masyarakat Bengkayang agar turut menjaga situasi yang damai dan kondusif, karena dengan keadaan yang damai dan kondusif maka berbagai kegiatan dan aktifitas dapat dijalankan dengan penuh ketenangan. Cornelis juga menghimbau agar masyarakat Bengkayang jaga terus kerukunan antar dan intra umat beragama. Jangan sampai kerukunan dan kedamaian pecah karena hal yang sepele. Jika ada permasalahan, selesaikanlah denga cara musyawarah dan mufakat dengan damai.

Silaturahmi Ramadhan 1438 H/2017 M Gubernur Kalimantan Barat bersama masyarakat Kabupaten Bengkayang ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh ramli, dan beberapa menit kemudian azan magrib berkumandang, tanda telah waktunya berbuka puasa. Umat muslim yang hadir dan hadirin lainnya segera menikmati hidangan buka puasa yang telah disediakan dan dilanjutkan dengan sholat maghrib. (Akhzari)

Berita: