BENGKAYANG_ Kamis (24/5) Pj.Gubernur Kalimantan Barat, Doddy Riatmadji, M.M bersama perangkat SKPD di lingkungan Pemprov Kalimantan Barat dan didampingi Pj. Bupati Bengkayang Agustinus Naon, S.Sos serta Forkopimda tiba di Aula terbuka lantai V Kantor Bupati Bengkayang tepat pada pukul 16.45 Wib untuk menghadiri kunjungan kerja sekaligus Silaturahmi Ramadhan 1439 H yang pertama kali di Kabupaten Bengkayang bersama masyarakat Bengkayang.

Pj. Bupati Bengkayang Agustinus Naon, S.Sos pada sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan Pj. Gubernur dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang kali ini diwakili oleh Kabid PHU H. Mi’rad, S.Ag. Atas nama Pemda Bengkayang Naon mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada muslimin yang ada di Bengkayang. Dalam sambutannya Naon juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat atas perhatianya selama ini yang banyak memberikan kontribusi demi mendukung pembangunan di Kabupaten Bengkayang. Naon juga berharap agar ASN dapat menjalankan tugas dengan ikhlas dan jangan mempersulit serta jangan melakukan pungli.

Kegiatan Safari Ramadhan kali ini dirangkai dengan kegiatan silaturahmi dengan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta dengan masyarakat Bengkayang pad umumnya. Dalam kegiatan tersebut Pemda beserta BUMD menyerahkan beberapa bantuan kepada sejumlah masyarakat berupa bantuan modal usaha dan bantuan rumah Ibadah. Kantor Wilayah Kementerian Agama juga menyerahkan bantuan berupa Al-Qur’an kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang untuk diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan kitab suci al-Qur’an.

Dilanjutkan dengan sambutan Pj, Gubernur Kalbar Doddy Riatmadji, M.M. Dalam sambutannya Doddy menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Bengkayang beserta jajarannya dan atas sambutan yang luar biasa dan juga karena turut serta menjaga keharmonisan dalam keberagamaan di wilayah Kabupaten Bengkayang, apresiasi juga diberikan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat karena turut serta dalam menjaga keharmonisan yang ada di Bengkayang itu dan hal tersebut mesti dilestarikan. Doddy juga menjelaskan bahwa warga Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Bengkayang sudah terbiasa dengan budaya silaturahmi yang sejatinya sudah mengakar secara turun temurun, oleh karenanya agar hendaknya selalu dijaga dan dipelihara. Kegiatan ini diharapkan dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah dan masyarakat, walaupun sejatinya silaturahim harus dilaksanakan bukan hanya di bulan Ramadhan, tapi juga pada waktu yang lain, tutur pria asal Yogyakarta ini.

Disamping itu Doddy juga berpesan kepada para pemuka agama/tokoh agama agar menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang menyejukkan, jangan sampai tokoh agama justru menjadi provokator. Untuk generasi muda beliau juga berpesan agar menjauhi narkoba dan minuman keras.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah menjelang berbuka puasa yang disampaikan oleh seorang mubaligh asal Sambas Ust. Fathoni, S.Sy, M.H. Pada kesempatan ini mubaligh ini menyampaikan tausiyah yang bertema dengan pentingnya menjalin silaturahmi beserta dengan manfaat-manfaatnya. Setelah penyampaian ceramah agama ini ditutup dengan doa dan berbuka puasa bersama.

Setelah Kegiatan berbuka puasa bersama, dilaksanakan Shalat Magrib berjamaah di Aula tertutup kantor Bupati Bengkayang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Sy. Machmud, S.H juga turut hadir dalam acara tersebut didampingi oleh Kasubbag TU H. Damsir, S,Ag. (Akhzari)

Berita: