Silaturahmi atau silaturrahim merupakan aktivitas ibadah yang memiliki keutamaan besar. Baik berupa karunia dunia maupun pahala di akhirat. Di antaranya ialah mampu membuka pintu rezeki dan memanjangkan umur, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia bersilaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Silaturahmi memiliki arti yang sangat penting, khususnya dalam kehidupan seseorang dan umumnya bagi umat Islam secara keseluruhan. Silaturahmi menjadi tonggak yang mengokohkan banyak hal, mulai dari persatuan, perhatian, kasih sayang, mata pencaharian, hingga memudahkan seseorang memasuki surga-Nya Allah SWT.

Masih dalam suasana Idul Fitri di Bulan Syawwal Tahun 1439 H/2018 M, para pegawai ASN khususnya pejabat di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak secara bergantian mempersilahkan untuk berkunjung ke rumahnya masing-masing. Sejak hari pertama masuk kantor (Kamis, 21 Juni 2018), Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak, H. Ekhsan, S.Ag, M.Si mempersilahkan seluruh pegawai untuk berkunjung ke rumahnya di Jalan Tanjung Raya 2, Komplek Star Borneo Arwana 3 Pontianak Timur.

Dilanjutkan di hari kedua masuk kantor (Jumat, 22 Juni 2018), seluruh pegawai berkunjung ke rumah Kepala Subbag Tata Usaha Sunardi, SH, M.Si yang beralamat di Jalan Suwignyo. Kemudian silaturrahim dalam rangka Idul Fitri 1439 Hijriyah ini dilanjutkan kembali pada hari Senin, 25 Juni 2018, di kediaman Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Pontianak H. Syamsul Bahri, S.Ag, M.Si di Komplek Sepakat Damai, Jalan Dr. Wahidin Pontianak.

Kemudian pada Selasa, 26 Juni 2018, silaturrahim berlanjut di rumah Kepala Seksi Bimas Islam Usman R, S.Pd.I di Jalan Komyos Sudarso Gang Durian 2. Mengingat hari Rabu, 27 Juni 2018, libur dalam rangka Pilkada serentak, silaturrahim dilanjutkan di hari berikutnya (Kamis, 28 Juni 2018) di kediaman Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kota Pontianak, Busroh M. Thaha, yang beralamat di Jalan Tanjung Raya 2/Jalan Tani Kecamatan Pontianak Timur.

Selanjutnya pada Senin (2/7/2018), silaturrahim Idul Fitri berlanjut di kediaman Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kota Pontianak, H. Ernan, S.Ag, M.Si yang beralamat di Jalan 28 Oktober Gang Karakterdes/Arhas Permai Pontianak Utara. Seluruh pegawai, baik yang muslim maupun non muslim ikut bersuka cita berkumpul bersama sambil menikmati hidangan kue lebaran dan menu yang disiapkan oleh para shohibulbait.*(sumi/ptk)

Berita: