Senin (28/5/2018), Pengurus Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kopenda Kemenag Kota Pontianak melakukan silaturrahim kepada Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak, H. Ekhsan, SAg, M.Si. Silaturrahim tersebut bertujuan untuk melaporkan keberadaan KPN Kopenda. Pasalnya sejak dilantik oleh Kakanwil Kemenag Kalbar sebagai Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak pada 3 Mei 2018 yang lalu, pengurus belum pernah melakukan silaturrahim dengan Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak selaku Pembina KPN Kopenda.

Silaturrahim Ketua KPN Kopenda Mas Hadran AMd, didampingi Sekretaris (Sumiati) dan Bendahara (Syarifah Rasyiah), diterima langsung Kepala Kemenag H. Ekhsan di ruang kerjanya. Sedangkan Wakil Ketua KPN Kopenda (H Bambang Daryanto) dan Wakil Sekretaris koperasi Jakariansyah SH berhalangan hadir. Dalam kesempatan tersebut, Mas Hadran mewakili pengurus koperasi melaporkan keberadaan dan perkembangan KPN Kopenda sampai saat ini. Termasuk para pengurus dan besaran atau jumlah aset yang dimiliki koperasi saat ini.

Hal lain yang juga disampaikan Mas Hadran adalah terkait jumlah anggota koperasi untuk tahun buku 2017 sebanyak 459 orang. Kemudian terkait program kerja koperasi, antara lain pemberian beasiswa prestasi untuk anak anggota koperasi, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR), dan bantuan biaya rawat inap untuk anggota yang opname di rumah sakit sebesar Rp.500.000,- (bantuan biaya rawat inap untuk anggota yang sakit/opname di rumah sakit hanya diberikan satu kali dalam satu tahun).

Ditambahkan Sekretaris Koperasi, Sumiati bahwa untuk wilayah Kota Pontianak, KPN Kopenda yang bergerak pada usaha simpan pinjam, termasuk koperasi yang dinilai sehat. Karena setiap tahun aktif menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT). Bahkan Koperasi yang beralamat di Jalan Zainuddin Nomor 4 Pontianak ini berada pada urutan ketujuh sebagai koperasi dengan pengelolaan terbaik dari sekitar 300-an koperasi yang aktif di Kota Pontianak. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kemenag H. Ekhsan mengatakan turut senang dengan perkembangan KPN Kopenda. Beliau juga menilai bahwa KPN Kopenda termasuk koperasi yang sehat, karena aktif menggelar RAT setiap tahun. Kepada pengurus beliau berpesan agar terus meningkatkan pelayanan kepada anggota. Serta melanjutkan program yang sudah ada. Karena dipandang mampu membantu dan memberikan kesejahteraan untuk seluruh anggotanya.

Setelah mendengarkan penjelasan dari pengurus terkait keberadaan dan perkembangan KPN Kopenda, H. Ekhsan kemudian menyampaikan keinginannya untuk ikut bergabung menjadi anggota koperasi. Bahkan ia juga mengatakan akan mendaftar bersama istrinya Hj. Rusnila yang kebetulan juga PNS di lingkungan Kemenag Kota Pontianak. Kepada pengurus ia juga meminta salinan laporan pertanggungjawaban pengurus tahun buku 2017 untuk dipelajari lebih lanjut.*(sumi/ptk)

Berita: