Selama dua hari berturut-turut, Sabtu dan Minggu siswa-siswi Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Nurul Falah Sukadana melaksanakan simulasi untuk persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat MA/SMA/SMK. Hal tersebut dilaksanakan agar para siswa sudah siap baik secara mental maupun secara psikis saat UNBK tersebut berlangsung. Simulasi berlangsung selama dua hari karena prasarana dan sarana penunjang untuk pelaksanaan simulasi tersebut yang kurang mendukung, sehingga peserta dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama dilaksanakan pada hari Sabtu dan gelombang kedua dilaksanakan pada hari Minggu.

Peserta yang mengikuti simulasi tersebut adalah seluruh siswa di MAS Nurul Falah yang berjumlah 20 orang. Dikarenakan kekurangan prasarana dan sarana penunjang simulasi tersebut khususnya pada Komputer/Laptop/Notebook, maka Kepala Madrasah Aliyah Nurul Falah Tri Nur Dewi Lestari, S. Pd, I yang juga merupakan Guru PNS di wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara mengambil kebijakan untuk membagi kedua puluh orang tersebut menjadi dua kelompok/gelombang peserta simulasi. Komputer/laptop/notebook yang digunakan untuk simulasi tersebut adalah milik pribadi guru dan beberapa siswa MA itu sendiri. Dan hanya ada sepuluh laptop/notebook yang bisa digunakan untuk pelaksanaan simulasi UNBK tersebut, sehingga simulasi yang berlangsung dua hari tersebut pesertanya masing-masing berjumlah sepuluh orang.

Tri sapaan akrabnya juga mengatakan bahwa anak didiknya di Madrasah Aliyah ini diharapkan mampu mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut meskipun fasilitas yang ada di MA belum mendukung. Beliau juga mengutarakan akan tetap melangsungkan UNBK bagi anak didiknya dengan bergabung di SMK Negeri Sukadana yang mana tidak hanya MA saja peserta UNBK yang ikut UNBK "menumpang" ujian disana akan tetapi SMA Negeri yang ada di Kecamatan Sukadana ini juga melaksanakan UNBK di SMK tersebut.

Meskipun MA Nurul Falah Sukadana adalah MA Swasta, Tri berharap kedepannya MA Nurul Falah bisa menjadi Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Kecamatan Sukadana dengan perlengkapan dan fasilitas sekolah yang sangat mendukung untuk proses belajar mengajar bagi para siswa, sehingga ketika UNBK tahun pelajaran berikutnya sudah tidak "menumpang" di sekolah lain. (Maulina)