Sabtu (6/10), Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sambas kembali menerima tamu kunjungan, dan untuk kali ini yang datang untuk bersilaturahmi adalah siswa-siswi dan guru-guru dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Singkawang. Kedatangan sekitar 200 siswa dan 30 guru tersebut tidak hanya untuk sekedar bersilaturahmi melainkan juga untuk mengetahui tentang seluk beluk MAN IC Sambas, tentang bagaimana MAN IC Sambas bisa menjadi salah satu kekuatan besar di Kalimantan Barat bahkan di Indonesia. Untuk pihak MAN IC Sambas sendiri, kunjungan dari MTs.N 1 Singkawang ini merupakan suatu kehormatan tersendiri mengingat beberapa siswa MAN IC Sambas yang memiliki prestasi yang mengagumkan merupakan alumni MTs.N 1 Singkawang, sebut saja Muhammad Fikri Nugraha yang menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional tahun 2018 bidang kimia serta peserta Kompetisi Sains Madrasah tahun 2016, 2017, dan 2018 bidang kimia. Kunjungan ini memang tak lebih dari sekedar bersilaturahmi dan sedikit pengenalan tentang Insan Cendekia, tetapi setidaknya dengan adanya kunjungan ini akan menarik minat siswa-siswi MTs,N 1 Singkawang untuk melanjutkan pendidikan ke MAN IC Sambas setelah mereka lulus nantinya.

Siswa-siswi serta guru-guru dari MTs.N 1 Singkawang yang datang menggunakan 8 armada bis tiba di MAN IC Sambas sekitar pukul 8.30 wib, mereka langsung disambut oleh pengurus OSCASA yang langsung menyambut mereka ketika mereka turun dari bis serta seluruh siswa-siswi MAN IC Sambas yang berbaris dihalaman. Siswa-siswi serta guru-guru membaur menjadi satu untuk mendengarkan ucapan selamat datang dari Kepala MAN IC Sambas, Mursidin, M.Ag yang dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala MTs.N 1 Singkawang, Bapak Ajat Sudrajat, S.Ag. Kemudian, kedua pihak saling bertukar cenderamata dan disusul dengan penampilan tari tandak sambas dari tim tari MAN IC Sambas, tarian dari siswi MTs.N 1 Singkawang, dan penampilan tundang (pantun berdendang) dari pengurus OSIS MTs.N 1 Singkawang. Setelah itu,  semua siswa-siswi dibawa berkeliling MAN IC Sambas oleh pengurus OSCASA, mereka dibagi menjadi beberapa  kelompok yang terdiri dari 10 orang dan setiap kelompok didampingi 2 orang dari OSCASA. Sementara itu, guru-guru dari MTs.N 1 Singkawang mendapat sedikit pengenalan dari Kepala MAN IC Sambas tentang sistem pengelolaan dan sistem kegiatan belajar mengajar di Insan Cendekia.

Ketika ditanya tentang kunjungan tersebut Nabila Amalia selaku Ketua OSIS MTs.N 1 Singkawang mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan kegiatang yang diusulkan oleh pengurus OSIS kepada pihak madrasah berdasarkan dari aspirasi siswa. Hal itupun begitu tampak, terlihat dari antusias dan semangat dari siswa-siswi MTs.N 1 Singkawang yang begitu tinggi. Dzaki Muhammad Rofi selaku salah satu dari pengurus OSCASA yang mendampingi mereka mengatakan bahwa mereka begitu antusias mereka begitu semangat ketika diajak berkeliling walaupun wiliyah MAN IC cukup luas dan kondisi sedang panas, sepanjang perjalanan mereka tak pernah berhenti bertanya tentang MAN IC.

Sementara itu, Pembina OSIS MTs.N 1 Singkawang, Rosida, M.Pd selaku mengatakan harapannya dengan diadakannya kunjungan ini akan membuat siswa-siswi dari MTs.N 1 Singkawang akan lebih termotivasi untuk menjadi siswa yang berprestasi dan untuk gurunya sendiri diharapkan dapat menimba ilmu tentang cara mengajar yang baik sehingga mampu mencetak kader berprestasi.

Rombongan dari MTs.N 1 Singkawang meninggalkan MAN IC Sambas sekitar pukul 11.15. mereka akan melanjutkan perjalanan menuju keraton sambas. Setelah itu, mereka akan menuju perbatasan RI-Malaysia di Aruk.(ded/hmsic)