Siswa MAN IC, Ikut Ambil Bagian di Ajang MTQ Tingkat Kabupaten Sambas SAMBAS –MAN Insan Cendekia Sambas, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Sambas dibuka Selasa (26/12) malam. Sebelumnya, sejak pagi hingga siang digelar Pawai Taaruf yang diikuti ratusan peserta MTQ, BKMT, tokoh agama Kecamatan Semparuk, Camat, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Semparuk dan Ketua LPTQ Sambas.

Kegiatan dibuka Sekda Kabupaten Sambas, H Uray Tajudin, Selasa (26/12) pagi. Pawai taaruf merupakan rangkaian agenda yang dilaksanakan sebelum pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Sambas yang dilaksanakan Selasa (26/12) malam.

Pawai taaruf mengambil titik start di halaman SD Negeri Semparuk dan menuju tempat utama pelaksanaan MTQ yakni lapangan sepak bola Dusun Semparuk Sebangkau.

Dalam Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Sambas yang ke XXVIII ini, Siswa MAN IC Sambas ikut andil dalam berbagai cabang lomba, Siswa MAN IC yang mengkuti kegiatan tersebut bukan berarti mewakili MAN IC, akan tetapi lolos seleksi tingkat kecamatan dan ada juga siswa yang mewakili kecamatan masing masing.

Adapun siswa MAN IC yang mengikuti lomba sebagai berikut : Cabang Syarhil Qur’an Mewakili Kafilah Kec. Sambas 1. Sari Asnuri 2. Tria Nopita Sari Cabang Syarhil Qur’an.

Mewakili Kafilah Kec. Semparuk 1.Minarsih Cabang Syarhil Qur’an Mewakili Kafilah Kec. Subah 1. Arif Husnaini 2.Muhammad Royhan Syahbana 3. Muhammad Hakimin Cabang Fahmil Qur’an

Mewakili Kafilah Kec.Sambas Putra 1. Muhammad Fikri Nugraha 2. Ribhan Nafis Siregar 3. Riski Ramadhan. Putri 1. Betty Khairunnisa 2. Mumtazatul Kamilah 3. Nadira Aqila Adzra Cabang Fahmil Qur’an.

Mewakili Kafilah Kec. Jawai 1. Leni 2. Isna Safitri Cabang Tilawah Qur’an Remaja Mewakili Kafilah Kec. Semparuk 1. Rasyid Ridha Cabang Tilawah Qur’an Remaja.

Mewakili Kafilah Kec. Pemangkat 1. Muhammad Ibnu Nazar Cabang Hifzil Qur’an 30 Juz Mewakili Kafilah Kec. Sambas 1. Haliza Arzeti Nurseptiria Cabang Hifzil Qur’an 5 Juz. Mewakili Kafilah Kec. Pemangkat 1. Dewi Nurul Rahmah.

Kepala MAN IC Sambas, Mursidin, M.Ag, berharap ajang MTQ Tingkat Kabupaten Sambas yang dibuka Selasa (26/12) bisa berjalan baik lancar dan sukses. “Siswa MAN IC yg ikut tergabung harus mengikuti pelaksanaan MTQ dengan sebaik baiknya, Karena ajang MTQ ini untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dan juga mengingatkam selaku umat Islam tentang kewajiban-kewajiban sesuai ajaran dan tuntunan agama.Paling tidak akan meningkatkan persatuan dan tali silaturahmi serta menambah pengalaman ,” katanya.

Tak lupa, Kepala MAN IC Sambas berpesan kepada Siswa MAN IC yang mengkuti MTQ tingkat kabupaten, untuk selalu menjaga kesehatan dan fokus terhadap tugas dan kewajibannya sebagai peserta. “Jaga kesehatan, terutama dalam hal makan, harus dijaga. Karena kegiatan akan berlangsung kurang lebih satu minggu. Kepada ketua kontingen Kafilah Sambas kami titipkan anak kmai untuk di bimbing, agar bisa mencapai prestasi yang maksimal,” katanya.(ded/hmsic)