SAMBAS- Penguasaan bahasa asing saat ini adalah sebuah kebutuhan bagi setiap insan yang sedang menjajaki dunia pendidikan maupun kebutuhan dunia kerja. Kegiatan Youth Leadership Camp yang diadakan oleh American Corner Univ. Tanjungpura Pontianak pada hari Jum’at – Minggu 23 s/d 25 Februari 2018. Kegiatan yang bekerja sama antara UPT Bahasa Untan, American Corner Indonesia dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia merupakan kegiatan tahunan.

Peserta yang merupakan Siswa(i) dan Mahasiswa(i) di Kalimantan Barat, tak terkecuali siswa dan siswi MAN IC Sambas yang diwakili oleh 4 orang yang merupakan siswa terbaik dari MAN IC Sambas yang memiliki penguasaan Bahasa Inggris yang baik, diantaranya Bilal Wana Satria, Rizki Rinaldy, Ayu Fadjri Agustiani dan Aprilia Rizki Fadila. Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut dibuka langsung oleh Rektor Univ. Tanjungpura Bapak Prof. Usman Thamrin, DEA menyampaikan dalam pidato sambutannya akan pentingnya menguasai bahasa asing dalam era globalisasi saat ini. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan pengalaman-pengalamannya ketika menimba ilmu di luar negeri.

Kegiatan leadership ini bertujuan untuk memberikan jiwa kepemimpinan kepada para peserta terutama dalam pengusaan bahasa asing. Adapun kegiatannya berupa Forum Group Discussion, Info Beasiswa Luar Negeri, Games dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Para peserta juga dijamu beberapa makanan dan minuman khas Amerika.

Diakhir kegiatan panitia mengumumkan peserta terbaik dalam kegiatan tersebut, tidak disangka-sangka Bilal Wana Satria Siswa kelas XI MIPA 1 keluar sebagai peserta terbaik 1 mengalahkan peserta-peserta lainnya, untuk itu Bilal berhak mendapatkan Trophy, Merchandise dan piagam penghargaan. “Alhamdulillah, semoga menjadi langkah awal untuk menjajaki pendidikan di luar negeri nantinya, aamiin,” ujarnya. (dedi)