Setidaknya lima orang siswa MTs ASWAJA menerima bantuan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak. Bantuan yang langsung diterima oleh Kepala MTs ASWAJA, Sholihin H. Z., M. Pd. I ini diserahkan oleh Ketua UPZ, Usman R., S. Pd. I di ruang kerjanya pada Senin, 12 Februari 2018. Saat ditemui, Kepala MTs ASWAJA mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Agama Kota Pontianak khususnya yang menangani UPZ. "Permohonan ini kami ajukan mengingat beberapa siswa kami tergolong tidak mampu dan hingga saat ini dikarenakan ketiadaan biaya sehingga adanya tunggakan untuk biaya administrasi di madrasah dan selanjutnya akan kami infokan kepada orang tua dan siswa yang usulannya diterima, kami panggil ke madrasah untuk menyampaikan informasi ini."

Kelima siswa penerima bantuan UPZ ini adalah Devi Wahyuda (VII A), Eliyasbania (VII B), M. Firly (VIII B), Sri Cahya (VIII A) dan Ridwan (VIII B). Pertemuan antara siswa dan Kepala MTs ASWAJA ini untuk menginformasikan tentang bantuan dan diharapkan mengingat usulan ini didasarkan pada ketidakmampuan siswa maka dengan adanya bantuan ini diharapkan apa yang menjadi tunggakan dapat diselesaikan dengan baik. 

"Berterimakasihlah kepada Kementerian Agama Kota Pontianak, karena usulan kita diterima dan kalian ditetapkan sebagai siswa yang menerima bantuan ini, dan harapan Bapak hendaklah belajar giat, raih cita-cita karena pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama telah membantu untuk menyelesaikan persoalan kalian khususnya," demikian himbauan Kepala MTs ASWAJA Pontianak. (Humas MTs ASWAJA_13218)