BENGKAYANG_Selasa (17/4) Mapolres Bengkayang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liat (Saber Pungli) yang bertempat di Aula Polres Bengkayang. Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Bupati Bengkayang Agustinus Naon, Forkopimda Bengkayang, SKPD Bengkayang, serta Instansi vertikal termasuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang yang dihadiri langsung oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Sy. Machmud, S.H.

Kegiatan diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama oleh para hadirin. Dilanjutkan dengan sambutan dari Plt. Bupati Bengkayang Agustinus Naon, S.Sos beliau menyampaikan bahwa program saber pungli ini merupakan salah satu dari Nawacita Presiden RI, sebelumnya saber pungli ini memang telah ada namun belum optimal. Saber pungli kembali digalakkan kembali dengan ditandatanganinya Perpres Nomor 87 tahun 2016. “saya berharap tim saber pungli yang telah dibentuk agar dapat dioptimalkan sebagaimana mestinya” kata Naon.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Kapolres Bengkayang, menurutnya pembentukan tim saber pungli di Bengkayang ini merupakan tindaklanjut dari  Perpres Nomor 87 tahun 2016. Untuk mendukung agar saber pungli dapat optimal maka diperlukan dukungan dari banyak pihak dalam peran pengawasan di Instansi masing-masing.

Selanjutnya adalah sambutan sekaligus sosialisasi dari Ketua UPP Saber Pungli oleh Kombespol Andi Musa, M.H. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi saber pungli ini dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Kalbar, Kabupaten Bengkayang ini merupakan yang ke tujuh. Pada saat ini tim-nya tengah gencar melakukan sosialisasi, agar dapat melakukan pencegahan pungutan liar di instansi pemerintahan, apabila setelah dilakukan sosialisasi masih terdapat pungutan liar kepada masyarakat maka tim UPP Saber Pungli tidak akan segan melakukan penindakan dan proses hukum.

Beliau juga berharap, setelah sosialisasi ini segala macam bentuk pungutan liar dapat segera dihentikan karena hal ini sangat memberatkan masyarakat. Tim UPP saber pungli juga telah memetakan potensi-potensi pungutan liar di berbagai instansi pemerintahan. Diakhir sosialisasi beliau juga memberikan kesempatan kepada peserta sosialisasi ini, untuk bertanya. Ada 3 orang yang bertanya dan dijawab langsung oleh Kombespol Andi Musa. Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan foto bersama. (Akhzari)

Berita: