SINGKAWANG. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melalui Kasi Bimas Islam menggelar Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Penerangan Agama Islam (SIMPENAIS) di Aula Kantor Kemenag Kota Singkawang pada Selasa (8/8).

Kegiatan sosialisasi SIMPENAIS ini diikuti sekitar 50 orang yang terdiri dari seluruh penyuluh fungsional dan penyuluh Agama Islam non PNS Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Dalam sosialisasi tersebut, Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Singkawang Dr. H. Muhlis, M.Pd dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi dilaksanakan sebagai langkah persiapan dan pemantapan dalam melakukan pendataan lembaga penerangan keagamaan Islam yang ada dilingkungan Kantor Kemenag Kota Singkawang. Muhlis melanjutkan bahwa SIMPENAIS ini dikembangkan untuk memudahkan dalam melakukan pendataan sistem penerangan agama Islam dan data lembaga secara online yang dapat digunakan menjadi salah satu sumber informasi agama Islam.

Kembali disampaikan Muhlis, Apliaksi SIMPENAIS berisi tentang 17 data-data keagamaan, diantaranya penyuluh agama PNS dan Non PNS, Majelis Taklim, Lembaga Islam, Qari dan Qariah, Mufassir-mufassirah, Dewan Hakim, dan lain-lain. SIMPENAIS juga menyimpan data-data penyuluh by name by address yang dapat dilacak keberadaannya dan bisa terkoneksi langsung dengan para pengambil kebijakan. Oleh karena itu ia mengharapkan kepada seluruh peserta agar menyimak dengan baik materi yang diberikan sehingga nantinya tidak hanya output kegiatan yang bagus tetapi juga outcome-nya.

Diakhir penyampaiannya, tak lupa Muhlis menyampaikan pesan kepada para penyuluh agama Islam agar dalam memberikan pelayanan dan pembinaan kepada masyarakat jangan sampai membuat resah dengan menanamkan faham-faham tertentu misalnya dalam hal-hal khilafiyah yang ada di masyarakat.

Acara sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Nenah Nurhamnah, S.Ag penyuluh fungsional Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, selaku operator SIMPENAIS Kota Singkawang.(Jk/Hms)

Berita: