Mempawah. Dalam menghadapi Ujian Nasional beberapa waktu mendatang, Kementrian Agama Kabupaten Mempawah Mengadakan Acara Sosialisasi Mengenai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) di Gedung PGRI Mempawah, Selasa (6/3/18).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor H. Kamaludin dan seluruh Pejabat Eselon IV di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Mempawah. Hadir sebagai peserta sebanyak 32 orang Kepala Madrasah sebagai penyelenggara Ujian. Sedangkan narasumber yang diundang adalah Kabid Pendidikan Dasar Disdikpora Sawardi dan Ketua MKKS SMA H. Sunarto.

Dalam sambutannya Kamaludin mengampaikan bahwa kegiatan sosialisasi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) telah dilaksanakan setiap tahun, dengan harapan penyelenggara ujian memahami betul kewajibannya dalam mensukseskan ujian. Ujian hanya salah satu instrumen dari banyak instrumen keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu kepala madrasah jangan terlampau terbebani persoalan ujian dan mengabaikan kewajiban-kewajiban penting lainnya.

"Mengingat pentingnya Ujian Nasional, kebijakan memanajemen oleh Kepala Madrasah untuk mengatur agar tidak terfokus hanya dengan mengurus hal Ujian saja, namun banyak kewajiban lain yang juga penting jangan sampai terabaikan. Agar semua bisa terlaksana dengan baik," ujar Kamaluddin mengingatkan (Siradj/Mpw)