Subdit Advokasi haji pada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, mengadakan kegiatan Sosialisasi Advokasi Haji dan Edukasi Langsung Tentang Perhajian dengan melakukan diskusi dalam rangka edukasi, solusi, persamaan persepsi tentang perhajian ditingkat kabupaten/kota. Kegiatan ini direncanakan dengan sasaran  kankemenag Kabupaten/Kota, KUA, penyuluh, bidang keagamaan pada Pemda dan ormas Islam.

Pada hari Kamis (06/09/2018) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya yang dikunjungi dan tempat dilaksanakannya sosialisasi ini. Peserta kegiatan ini terdiri dari Kasi pada Kemenag Kab. Kubu Raya, Kepala KUA, perwakilan dari Pemda, ormas islam, MUI dan Penyuluh Agama Islam.

Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor yang diwakili Kasubbag Tata Usaha Drs. H. Zainuddin. Pada kesempatan ini Zainuddin meminta peserta menyiapkan pertanyaan seputar haji dan umroh. "Mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin," ajaknya.

Atas nama Kantor Kemenag Kubu Raya beliau mengucapkan terima kasih untuk kedatangan tim PHU Kemenag RI yang akan menambah wawasan dan pemahaman tentang perhajian yang dikelola Kemenag sehingga jelas dan gamblang.

"Kita ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan saya ucapkab terima kasih untuk bapak/ibu yang mau memenuhi undangan kami ini. Kita buka bersama-sama kegiatan ini dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim," ucapnya.

Setelah dibuka Ditbina Haji Ditjen PHU Kemenag RI menyerahkan buku kompilasi peraturan Haji dan Buku Saku SIPATUH yang diterima oleh Kasubbag Tata Usaha Drs. H. Zainuddin.  

Selanjutnya, Subdit Advokasi Haji yang diwakili oleh H. M. Mahmuda Arfan Rangkuti, Kasi Indentifikasi dan Pemetaan Masalah, menyampaikan persoalan haji dan umroh dari waktu ke waktu. Acara kemudian diisi dengan dialog interaktif yang dikemas secara santai antar peserta, di mana masing-masing perwakilan yang hadir memberikan masukan, saran dan berbagai hal terkait dengan kebijakan haji yang langsung ditanggapi oleh H. Arfan.

Adapun tujuan dilakukannya dialog ini adalah untuk menyerap aspirasi yang berhubungan dengan penyelenggaraan ibadah Haji agar lebih baik lagi dari tahun – tahun sebelumnya.

(Bond/KKR)

Berita: