Melawi, 17 Januari 2020 Seperti Jum'at sebelumnya rutinitas senam bersama di halaman MTsN 2 Melawi. Dengan semangat para siswa dan seluruh elemen madrasah mengikuti senam bersama yang telahmenjadi agenda tetap setiap pagi Jum'at yang merupakan program dari waka Kesiswaan yang digawangi oleh Ibu Sulistyowati, S. Pd atas arahan Ibu Kamad. Setelah senam bersama dilaksanakan bersih - bersih lingkungan madrasah. 

Para siswa menyebar membersihkan area keliling madrasah, ada yang di halaman depan, menyapu dihalaman belakang dan diarea musholla. Semua bekerja bahu membahu demi menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk kesehatan segenap elemen madrasah. Dengan suasana yang bersih dan asri sangat mendukung proses belajar mengajar di MTsN 2 Melawi. Dengan luas dua hektar memang bukanlah pekerjaan yang ringan untuk tenaga kebersihan menjaga lingkungan, oleh karena itu segenap elemen siswa juga ikut menjaga kebersihan.

Diarea koridor madrasah tampak pemandangan yang berbeda, Kamad Wiwik Setiyorini, S. Ag tengah mengecat rak bunga yang terbuat dari besi. Ya, rak tersebut telah tampak ada karatan akibat air yang digunakan untuk menyiram tanaman tersebut setiap harinya. Bukan hanya memerintah dan memberi arahan saja, Ibu kamad terjun langsung memberi teladan. Menerapkan prinsip lima budaya kerja yakni keteladanan sebagaimana yang diamanatkan oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi pada upacara bendera Senin lalu bahwa keteladanan adalah yang terpenting. 

Ibu kamad selalu memberikan contoh dengan tak segan turun langsung menyirami bunga - bunga dan menata tanaman sehingga dengan sentuhan tangan beliau madrasah tampak semakin apik. Jiwa perfeksionis yang menginginkan semua terlihat indah membuat beliau menambahkan item - item yang dirasa kurang sehingga tampilan paripurnapun di dapatkan. Dengan naluri keibuan beliau yang terbiasa mengurus sesuatu dengan baik membuahkan hasil yang dinikmati oleh seluruh elemen madrasah.

Sosok teladan bagi MTsN 2 Melawi ini aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan mulai dari PKK, GOW organisasi keagamaan dan MKKS yakni sebuah organisasi yang menaungi seluh kepala sekolah yang ada di Kabupaten Melawi. Kepiawaian beliau dalam menari juga telah mengantarkan siswi - siswi MTsN 2 Melawi tampil di berbagai even yang diselenggarakan di Kabupaten Melawi dan meneruskan kembali dimanapun alumni MTsN 2 Melawi berada. Mereka selalu menjadi piooneer. Sehingga MTsN 2 Melawi cukup dikenal dengan seni tarinya. Kemudian beliau juga merupaka sosok dibalik giat kaligrafi di Kabupaten Melawi dengan mendirikan LKP As Syifa yang membentuk generasi kaligrafi di Kabupaten Melawi yang berprestasi di MTQ mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten bahkan tingkat provinsi.

Saat ini beliau tengah menempuh program pasca sarjana di Universitas Tanjung Pura Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Administrasi Publik dan saat ini telah sampai pada tahap penyusunan tesis. Semoga Allah selalu membimbing dan memberkahi langkah Ibu Kamad MTsN 2 Melawi dan senantiasa membimbing beliau dalam berkiprah untuk memajukan madrasah, demi madrasah hebat bermartabat. ( Okta )