Untuk pertama kalinya Subdit Kelembagaan KUA dibawah Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melaksanakan sebuah kegiatan berskala nasional. Dengan mengundang 34 Kepala Seksi Pemberdayaan KUA se Indonesia, maka dilaksanakanlah kegiatan yang berlangsung dari tanggal 17 – 19 Mei 2017 ini di Lumire Hotel dan Convention yang bersebelahan dengan Atrium Plaza tersebut.

Total 45 peserta dengan alokasi 34 dari Kepala Seksi Pemberdayaan KUA se-Indonesia ditambah 11 peserta dilingkungan Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia sebagaimana alokasi yang tercantum dalam surat panggilan dari Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dengan nomor B.52/Dt.III.I/Kp.02.3/V/2017 tertanggal 4 Mei 2017 perihal pemanggilan peserta kegiatan Standarisasi Layanan Kantor Urusan Agama Tahun 2017.

Atas dasar tersebut, Ka.Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat menugaskan Kasi Pemberdayaan KUA, Aris Sujarwono,MH untuk mengikuti kegiatan itu sebagai tugas dan fungsi dari jabatan yang diamanahkan kepadanya. Dan pada Hari Rabu Tanggal 17 Mei 2017, seusai ISHOMA malam, dimulailah pembukaan kegiatan nasional ini.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan Surah Alfatihah sebagai ummul kitab guna meraih keberkahan dalam totalitas yang akan dilaksanakan. Dilanjutkan dengan laporan dari Kepala Seksi  Bina Kelembagaan KUA Wilayah III H.Hamim,M.Ag. Alur selanjutnya dibuka langsung oleh Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Dr.H.Mohsen,MM yang memberikan arahan dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini.

Setelah pembukaan singkat, Dr.H.Mohsen memberikan materi seputar Membangun Etos Kerja SDM KUA yang bersih dan melayani. Disampaikan mantan Direktur Diniyah dan Pondok Pesantren ini bahwa kerja sebagai aparatur di Kementerian Agama tidak bisa dipisahkan dengan ibadah, jika kerja sebagai ibadah akan bernilai pahala disisi Allah SWT.

Untuk itulah, Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah menghimbau dan menyemangati kerja dan kinerja para Kasi Pemberdayaan KUA agar selalu mendorong para Kepala KUA Kecamatan meningkatkan kerja dan kemampuan, sehingga masyarakat benar benar terlayani sesuai dengan visi dan misi yang diusung oleh Bimas Islam Kemenag Republik Indonesia.

Kegiatan Standarisasi Layanan KUA ini berlangsung dari Tanggal 17 – 19 Mei 2017 di Lumire Hotel dan Convention Center dengan peserta sebanyak 45 orang. Berbagai materi menarik disampaikan baik dari jajaran Pejabat Bimas Islam Kemenag RI, Ombudsman dan Kemenpan RB. Semua merupakan sarana dan konsep dalam mengembangkan layanan Kantor Urusan Agama Kecamatan di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, agar menjadi terdepan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta umat. (AS)

Berita: