Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat akan menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP) untuk publik. Program PTSP ini sendiri pada Kementerian Agama RI sebelumnya sudah diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada awal tahun ini tepatnya pada tanggal 25 januari 2017.

Dalam rangka pemenuhan PTSP ini, Kanwil Kemenag Kalbar melakukan Studi Tiru dari tanggal 27 – 29 September 2017 lalu ke Kanwil Kemenag DIY, dimana Kanwil Kemenag DIY merupakan Kanwil pertama yang telah mendirikan PTSP.

Menag sendiri sudah meresmikan PTSP Kanwil Kemenag DIY pada 8 Agustus 2017 dimana sehari setelah pembukaan secara resmi kegiatan KSM, Aksioma dan EXPO Madrsah tingkat Nasional dimana Yogyakarta yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Adapun rombongan dari Kanwil Kemenag Kalbar terdiri atas Kasubbag Inmas,Dra.Hj. Sangadah, Kasubbag Umum, Syahrul, S.Ag, Kasubbag Ortapeg Kaharuddin, S.Ag dan Kasubbag Perencanaan & Keuangan Drs. Tukiman, M.Si serta didampingi oleh JFT dan JFU diantaranya, Fajrin,ST, Lamdani, ST, Indarto, Untung Sutrisno, dan Tarmanto.

Rombongan diterima dengan suka cita oleh Kasubbag Ortapeg Kanwil Kemenag DIY, H.M. Wahib Jamil, S.Ag, Mpd, Kasubbag Inmas, Fauzi, dan Kasubbag Hukum & KUB, Gatot serta Mantan Kasubbag Inmas Abd. Suud yang sebelumnya beliau merupakan salah satu penggagas dan penggerak dibangunnya PTSP Kanwil Kemenag DIY.

Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Kalbar, Dra. Hj.Sangadah berharap dengan pelaksanaan studi banding ini, rombongan yang termasuk dalam tim PTSP Kanwil Kemenag Kalbar bisa mendapat gambaran bagaimana proses pembangunan PTSP, jenis pelayanan yang dapat diberikan, dan mekanisme palayanan yang digunakan.

Program PTSP ini untuk mengintegrasikan teknologi dan informasi dimana semua pelayanan akan dilakukan secara terbuka dan dilayani dalam satu ruang. Pada Intinya pelayanan PTSP adalah pelayanan yang Akuntable, Transparan dan Terukur. Hal ini merupakan salah satu harapan dari Menag dimana seluruh Kanwil dapat menerapkan PTSP sebagai salah satu pelayanan kepada publik yang lebih dekat melayani umat. (Welsi_Inmas)

Berita: