Sambas, MAN Insan Cendekia Sambas. Dalam rangka memperingati 1 Muharram 1440 H  PHBI Kabupaten sambas menggelar berbagai Event yaitu Lomba Pawai Muharram, Lomba Azan, Lomba Tilawah dan banyak lagi lomba lomba yang lain pada selasa (11/09/2018).

Hasilnya, MAN Insan Cendekia Sambas mendapat posisi terbaik kedua kategori pelajar tingkat SMA/MA/SMK Se Kabupaten Sambas. Raihan prestasi tersebut mempertahankan tradisi menjadi peserta terbaik pada ajang tahunan itu.

Lomba yang lain misalnya Tilawah Alquran MAN Insan Cendekia Sambas berhasil merebut juara 2 dan juara 3 lomba Tilawah tingkat remaja se kabupaten sambas.

Kepala Madrasah, Mursidin mengatakan, tujuan ikut pawai adalah untuk turut mensyiarkan tahun baru Islam di kalangan masyarakat. Target menjadi peserta terbaik bukan tujuan utama, namun pihaknya akan selalu tampil maksimal demi meriahnya momentum  tahun baru Islam. 

Saat pawai, lanjut Mursidin, kelompok paling depan  berupa barisan yang menggambarkan para sahabat Nabi Muhammad SAW yang turut berhijrah. Barisan itu untuk menggambarkan sahabat Nabi yang dikenal dengan Khulafaur Rasyidin yang turut berhijrah dari kota Makkah menuju Madinah guna meneruskan  dakwah menyebar ajaran Islam.

“Kami berharap jangan sampai generasi mendatang tidak paham dengan kalender hijriah yang kita miliki,” kata Mursidin

Dalam kesempatan lain Waka Kesiswaan Syamsuri menyampaikan bahwa peserta pawai yang diturunkan yaitu seluruh peserta didik, ditambah guru dan karyawan tata usaha.(ded/hmsic)