Pelaksanaan manasik haji bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Pontianak dipusatkan di Aula Masjid Mujahidin Pontianak, Senin, 9 Juli 2018. Kegiatan tersebut dibuka Oleh Wali Kota Pontianak H. Sutarmiji SH, M.Hum yang baru terpilih sebagai Gubernur Provinsi Kalimantan Barat periode 2018-2023.

Dalam sambutannya Sutarmiji mengingatkan agar Calon Jamaah Haji yang akan diberangkatkan tahun ini selalu menjaga kesehatan dan bersabar, karena dalam melaksanakan ibadah haji dibutuhkan kondisi fisik yang prima dan membutuhkan kesabaran dalam menghadapi setiap proses pelaksanaan haji yang cukup panjang

Kepada Calon Jamaah Haji Kota Pontianaik yang berjumlah 612 orang Sutarmiji menghimbau agar selama melaksanakan Ibadah haji dari pemberangkatan hingga pemulangan untuk menjaga kedisiplinan. “Disiplin dalam melaksanakan Ibadah Haji  merupakan suatu keharusan yang harus kita jaga, karena dengan mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan maka proses pelaksanaan haji akan tertib dan lancar,” jelas Sutarmiji.

Selain dihadiri oleh ratusan Jamaah Calon Haji Kota Pontianak, Pelaksanaan Manasik haji tersebut dihadiri pula oleh Kepala Kankemenag Kota Pontianak, H. Ehsan, S.Ag, M.Si, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalbar, Dra, Hj. Sangadah dan seluruh Pimpinan Kelompok Bimbingan Haji (KBIH) di Kota Pontianak.

Dalam sambutannya Ehsan menjelaskan bahwa pelaksanaan haji bukan hanya tugas dari Kementerian Agama akan tetapi para panitia haji juga melibatkan beberapa Instansi lain seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Kepolisian dan lain-lain. (Ir-Inmas)