Untuk menjadi anggota Koperasi Pegawai Negeri (KPN) KOPENDA Kemenag Kota Pontianak tidak diwajibkan bagi seluruh ASN. Hanya yang berminat dan merasa perlu saja. Sehingga tidak semua ASN di lingkungan Kemenag Kota Pontianak menjadi anggota koperasi. Seperti terlihat pada Jumat (9/11/2018), pengurus koperasi yang diketuai oleh H. Mas Hadran, A.Md ini menerima calon anggota baru yang ingin mendaftar sebagai anggota koperasi.

Kedatangan Siti Aisyah, S.Pd yang juga adalah Guru Raudhatul Athfal (RA) Mas’udi Pontianak ini diterima langsung oleh Sekretaris KPN KOPENDA, Sumiati di ruang kerjanya. Siti Aisyah yang datang didampingi salah satu Guru RA Mas’udi (Safta, S.Pd), sebelum mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi bertanya terkait apa saja syarat untuk menjadi anggota koperasi.

Menjawab pertanyaan tersebut, Sumiati menjelaskan bahwa syarat utama menjadi anggota koperasi harus berstatus sebagai ASN di lingkungan Kemenag Kota Pontianak. Kemudian, lanjut Sumiati yang juga adalah Pelaksana pada Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak ini, yang bersangkutan atau calon anggota baru harus mengisi blanko atau surat permohonan untuk menjadi anggota. Blanko/surat permohonan tersebut dikeluarkan oleh koperasi.

Surat permohonan tersebut berisi data calon anggota koperasi. Antara lain berisi Nama, NIP, Pangkat/Golongan, jabatan, alamat rumah, alamat/tempat tugas, serta nomor Telepon atau HandPhone yang bersangkutan. Setelah surat permohonan diisi dengan lengkap dan ditandatangani yang bersangkutan, langsung diserahkan kembali kepada pengurus koperasi.

Selain itu, ketika mendaftarkan diri sebagai anggota baru koperasi yang beralamat di Jalan Zainuddin Nomor 4 Pontianak ini, calon anggota koperasi juga harus menyetor simpanan pokok sebesar Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah) ditambah simpanan wajib bulan pertama menjadi anggota sebesar Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah). Jadi total uang yang disetor Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).

Setelah mendapatkan penjelasan dari sekretaris koperasi, akhirnya Siti Aisyah pun resmi mendaftarkan diri sebagai anggota KPN KOPENDA Kemenag Kota Pontianak. Sebagai bukti bahwa yang bersangkutan telah menyetor Simpanan pokok dan Simpanan Wajib, Siti Aisyah yang memiliki NIP.197709102006042010, Pangkat Golongan Penata Muda Tk.I (III/b) ini, diberikan kwitansi/bukti setor oleh pengurus.*(sumi/ptk)

Berita: