Sejak pertengahan Agustus 2017 yang lalu, Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kemenag Kota Pontianak, telah mengumumkan syarat pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk Guru PAI dan Pengawas PAI PNS di Kota Pontianak. Kepada seluruh Guru dan Pengawas PAI diminta untuk segera menyiapkan berkas guna memperlancar proses pencairan TPG atau Tunjangan Sertifikasi Periode Juli Sampai September 2017.

Pengumuman terkait syarat pencairan TPG tersebut sudah ditempel di papan informasi yang berada persis di depan ruang Seksi PAI. Selain itu, seluruh Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP/SMA/SMK, serta Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) PAI juga sudah diinformasikan oleh pelaksana Seksi PAI agar menyampaikan kembali kepada seluruh Guru dan Pengawas PAI se-Kota Pontianak.

Terkait berkas yang harus disampaikan Guru dan Pengawas PAI, Kepala Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak, Drs H Ahmad Hanafi MSi, yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/9/2017) menyampaikan bahwa persyaratan untuk triwulan ketiga ini tidak jauh berbeda dari biasanya. Yang pasti, untuk tahun 2017 ini pemberkasan TPG hanya diminta bagi Guru PAI yang pada aplikasi Pusat Layanan SIMPATIKA dinyatakan layak sebagai penerima tunjangan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018.                                                                                 

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi adalah melampirkan Fakta Integritas, print out predikat kelayakan dari SIMPATIKA pada semester ganjil TP 2017/2018, print out status PTK/data detil dari SIMPATIKA, SKMT manual  periode Juli Sampai September 2017 yang ditandatangani Kepala Satminkal dan diketahui Pengawas, laporan triwulan (Juli Sampai September 2017), foto copy SK kenaikan pangkat terakhir, foto copy SK KGB, Daftar Gaji Bulan September 2017, foto copy NPWP, serta foto copy Rekening BRI yang masih aktif.

Semua berkas tersebut dibuat satu rangkap dan dibuat cover (Periode Juli Sampai September 2017). Disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam map kertas. Dengan ketentuan, untuk SD map warna kuning (untuk kecamatan Pontianak Barat dan Kota), map biru (Kecamatan Pontianak Timur dan Utara), map putih (Kecamatan Pontianak Selatan dan Tenggara). Sedangkan map hijau untuk tingkat SMP, map merah untuk SMA/SMK, dan map putih untuk Pengawas.

Semua persyaratan tersebut diserahkan ke Seksi PAI Kemenag Kota Pontianak mulai tanggal 4 sampai 22 September 2017. Informasi lebih lanjut, silahkan datang langsung ke Seksi PAI Kantor Kemenag, Jalan Zainuddin Nomor 4 Pontianak, pada hari dan jam kerja. Ahmad Hanafi juga menambahkan, sejak satu minggu terakhir sejumlah Guru PAI Kota Pontianak sudah mulai berdatangan menyampaikan berkas untuk pencairan TPG, tuturnya ramah.*(Sumi/Ptk)

Berita: