Kamis (3/8/2017) Pengurus Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kopenda Kemenag Kota Pontianak menerima calon anggota baru yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi. Kedatangan Ibrahim yang juga adalah Guru Bahasa Inggris pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak ini diterima langsung oleh Sekretaris KPN Kopenda Sumiati J, S.SosI, M.Si.

Ibrahim yang datang didampingi Bendahara MTs Negeri 1 Pontianak (Asmara, S.Pd), sebelum mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi bertanya terkait syarat menjadi anggota koperasi yang diketuai oleh Mas Hadran AMd. Menjawab pertanyaan Ibrahim, sekretaris koperasi Sumiati menjelaskan bahwa syarat utama menjadi anggota KPN Kopenda harus berstatus sebagai PNS di lingkungan Kemenag Kota Pontianak.

Kemudian, lanjut Sumiati yang juga adalah Pelaksana pada Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak ini, yang bersangkutan atau calon anggota baru harus mengisi blanko atau surat permohonan untuk menjadi anggota KPN Kopenda. Blanko/ surat permohonan tersebut dikeluarkan oleh koperasi.

Surat permohonan tersebut berisi data calon anggota koperasi. Antara lain berisi Nama, NIP, Pangkat/Golongan, jabatan, alamat rumah, alamat/tempat tugas, serta nomor Telepon atau HandPhone yang bersangkutan. Setelah surat permohonan diisi dengan lengkap dan ditandatangani yang bersangkutan, langsung diserahkan kembali kepada pengurus koperasi.

Selain itu, ketika mendaftarkan diri sebagai anggota baru Koperasi yang beralamat di Jalan Zainuddin Nomor 4 Pontianak ini, calon anggota koperasi juga harus menyetor simpanan pokok sebesar Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah) ditambah simpanan wajib bulan pertama menjadi anggota sebesar Rp.75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah). Jadi total uang yang disetor Rp.275.000,- (dua ratus tujuh puluh lima ribu rupiah).

Setelah mendapatkan penjelasan dari sekretaris koperasi, akhirnya Ibrahim yang pernah menjabat sebagai Ketua Koperasi pada MTs Negeri 1 Pontianak ini pun resmi mendaftarkan diri sebagai anggota KPN Kopenda Kemenag Kota Pontianak. Sebagai bukti bahwa yang bersangkutan telah menyetor Simpanan pokok dan Simpanan Wajib, Ibrahim diberikan kwitansi/bukti setor oleh pengurus.*(Sumi/Ptk)

 

 

Berita: