Jumat, 14 Juni 2019, 09:28 safrudin

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalbar, Drs. H. Syarifendi mengharapkan bahwa penambahan madrasah dari segi jumlah atau kuantitas harus dibarengi dengan kualitas. Dengan adanya peningkatan kualitas dalam penyelenggaraan pendidikan madrasah, maka madrasah akan semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat. Harapan itu disampaikan pada kesempatan menyerakan SK Ijin Operasional sebanyak 6 Madrasah kepada Kakan Kemenag Ketapang, Kamis (13/06/2019) di Aula Kantor Kemenag Ketapang.

Syarifendi menjelaskan bahwa peberian ijin operasional kepada enam madrasah di Kabupaten ketapang telah melalui proses verifikasi, baik verifikasi berkas maupun verifikasi lapangan. Hasil dari verifikasi ini ditindaklanjuti dengan terbitnya rekomendasi penerbitan Ijin Operasional dari Kepala Kantor Kemenag Ketapang. Kemudian tim dari Kanwil Kemenag Ketapang melakukan verifikasi sehingga akhirnya disetujuai untuk diterbitkannya Ijin Operasional tersebut.

Kepada Ketua Yayasan yang menaungi madrasah dan juga kepada calon kepala madrasah Syarifendi berharap agar program program madrasah disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan di masyarakat, dimana siswa madrasah diharapkan mempunyai kemampuan yang baik dan spesifik dalam hal keagamaan tanpa meninggalkan kemampuan dalam bidang pengetahuan umum.

Program yang saat ini diminati oleh masyarakat diantaranya adalah bidang tahfidz Qur’an, minat masyarakat yang tinggi terhadap program tahfidz Qur’an ini harus ditangkap madrasah dengan mengadakan program tahfidz qur’an melalui Madrasah Aliyah Program Keagamaan, ungkap syarifendi.

Syarifendi juga menghimbau agar semua pihak dapat bekerjasama untuk memajukan madrasah, kerjasama dari pihak yayasan, madrasah, masyarakat melalui komite madrasah dan pihak pihak lain yang terkait sehingga madrasah akan semakin maju dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk menitipkan anak-anak mereka menuntut ilmu di madrasah.