Kepala Kantor Kemenag Pontianak H. Ekhsan, S.Ag, M.Si memberikan Tausiyah Halal Bihalal di Aula Rohana Muthalib Bappeda Kota Pontianak, Jumat (6/7/2018). Acara Halal Bihalal tersebut digelar oleh Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pontianak. Kegiatan yang merupakan agenda rutin tahunan DWP Kota Pontianak ini dihadiri sekitar 200 pengurus dan anggota DWP unsur pelaksana se Kota Pontianak.

Dalam tausiyahnya H. Ekhsan antara lain mengatakan bahwa sebaik apapun kesalehan pribadi (Hablum Minallah) seorang manusia, tanpa dibarengi dengan kesalehan sosial (Hablum Minannas), tidak akan berarti apa-apa. Karena sesuai hadits Rasulullah SAW, Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia menyambung Tali silaturrahmi. Dengan bersilaturrahmi juga bisa memanjangkan umur serta memperluas rizki.

Lebih lanjut ia juga mengatakan, moment syawwal harus diimplementasikan dengan berhalal bihalal. Halal berarti boleh/membolehkan. Halal Bihalal bukan bahasa Alquran. Tapi Bahasa Arab yang diindonesiakan. Halal bihalal dimaknai sebagai bentuk menyambungkan kembali apa-apa yang terputus. Dengan adanya acara halal bihalal diharapkan hubungan yang selama ini keruh dan kusut dapat segera diurai dan dijernihkan. Menyambung silaturrahim dan saling maaf memaafkan satu dengan yang lain, timpalnya.

Usai penyampaian tausiyah halal bihalal, acara ditutup dengan pembacaan doa oleh H Ekhsan. Kemudian dilanjutkan dengan saling bersalam-salaman yang dimulai dari pengurus DWP dan diikuti oleh seluruh ibu-ibu yang hadir. Turut hadir dalam acara tersebut Pengurus DWP Kemenag Kota Pontianak. Yakni Wakil Ketua III (Ny Baitinnur, S.Ag), Sekretaris (Sumiati), Bendahara (Muslimah SH), dan Ketua bidang sosial budaya (Ny Erna Usman). Sedangkan Ketua DWP Kemenag Kota Pontianak (Ny. Rusnila Ekhsan) berhalangan hadir.*(sumi/ptk)

Berita: