Sintang - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang melalui Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan evaluasi DIPA 2017 dan Telaah DIPA dan Persiapan Pelaksanaan Anggaran Madrasah Negeri Tahun Anggaran 2018 yang dilaksanakan pada tanggal hari Selasa, tanggal 16 Januari 2018  di Ruang Pertemuan MIN Sintang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Anang Nurkhalis, SE, S. HI  serta Kepala Madrasah dan Bendahara Madrasah

Dalam arahannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag mengatakan DIPA tahun 2017 yang telah dilaksanakan agar bisa dievaluasi sebaik-baiknya, dibuat catatan-catatan penting untuk koreksi kedepannya.

"Untuk DIPA tahun 2018 agar ditelaah, dilihat dan dicermati dengan sebaik-baiknya, unit kerja dapat meneliti daftar belanja yang sesuai dengan kebutuhan, Perencanaan bagian terpenting untuk pencairan yang maksimal, untuk itulah penjadwalan pencairan sangat penting dilakukan sebelumnya, "Ditahun 2018 diharapkan tidak ada anggaran yang dibintang, sehingga awal tahun 2018 langsung bisa dilaksanakan, jangan ditunda-tunda, jangan gunakan metode lama yang menumpuk pekerjaan di akhir tahun," harapnya.

Pelaksanakan program prioritas di awal waktu penting, karena Kementerian Agama selalu melakukan evaluasi realisasi anggaran setiap triwulan.

Hal senada disampaikan Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anang Nurkhalis, SE, S. HI, DIPA merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen Kementerian Agama termasuk Madrasah , perencanaan yang matang dan tepat, sehingga tidak banyak revisi DIPA  dalam satu tahun anggarannya.

"Setiap satker dan unit kerja melakukan evaluasi internal secara berkala untuk mengukur penggunaan anggaran dengan maksimal," pintanya.

Penyerapan DIPA berpengaruh pada penilaian kinerja kemenag, PPK diharapkan melakukan koordinasi secara rutin dengan perencana agar pelaksanaan anggaran tepat prosedur, tepat guna, tepat sasaran, tepat kualitas, tepat jumlah dan tepat waktu. (Akil)

Berita: