Pembukaan  Tes CAT PPIH Kab. Sintang bertempat di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec. Sintang (Selasa,4/2/20).

Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar Tes Rekruitmen Calon Petugas Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) Tahun 1441 H / 2020 M secara CAT online serentak yang berlangsung pada hari selasa tanggal 4 Februari 2020 bertempat di di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec. Sintang. Tes yang melalui CAT online itu diikuti oleh 8 peserta yang sebelumnya telah lolos dalam persyaratan administrasi.

Dalam sambutannya, Plh Kepala Hj. Munawarah, S.Ag mengatakan berdasarkan Keputusan Dirjen PHU Nomor : 10 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis rekruitmen petugas penyelenggara ibdah haji tahun 2020 dilaksanakan secara serentak dan online, yaitu melalui tes CAT. “ Semoga tes rekruitmen PPIH tahun 1441 H / 2020 M yang dilaksanakan secara serentak dan online ini dapat menyiapkan petugas haji yang profesional dan berakhlakul karimah sebagai sasaran mutu penyelenggaraan ibadah haji, serta saat melaksanakan tes ini diberi kemudahan baik dari perangkat android dan juga jaringan wifi”, ucapnya.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) H. Kholiq, S.Ag menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dimana seluruh peserta diberikan kesehatan dan dapat berkumpul di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec. Sintang untuk mengikuti tes rekruitmen calon petugas haji, kemudian kasi PHU juga membacakan laporan kegiatan serta dasar rekruitmen yang dilaksanakan secara online tersebut.

Dalam Penjelasan UU 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah dikatakan bahwa Ibadah Haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang Islam yang mampu, baik secara fisik, mental, spiritual, sosial, maupun finansial dan sekali dalam seumur hidup. Pelaksanaan Ibadah Haji merupakan rangkaian ibadah keagamaan yang telah dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Oleh karena itu, negara bertanggung jawab atas penyelenggaraan Ibadah Haji sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Tes Rekruitmen Calon PPIH Tahun 1441 H / 2020 M pun dimulai didahului oleh pembacaan tata tertib oleh pengawas pelaksanaan tes Ibu Dra. Hj. Sangadah Kepala pada Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.