SINGKAWANG. Dalam rangka pelaksanaan ibadah Haji Tahun 1439 H / 2018 M Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar Tes Rekrutmen Calon Petugas Haji Tahun 1439 H / 2018 M untuk petugas yang menyertai jamaah haji yaitu Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pada Kamis (29/03) di Aula Kementerian Agama Kota Singkawang.

Tes Rekrutmen Calon Petugas Haji tingkat Kabupaten/Kota ini merupakan tahap awal yang selanjutnya bagi peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes tahap kedua di Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Barat yang rencnanya akan diselenggarakan pada tanggal 12 April 2018 mendatang.

Sebanyak 12 orang peserta yang mengikuti tes ini yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M. Si dengan didampingi Ketua Panitia Rekrutmen Henny Lindawati, ST dan Ika Agustina, SE, Ak JFU Seksi PHU Kanwil Kemenag Kalbar selaku supervisor atau pengawas pelaksanaan tes.

Sebelum menyampikan sambutan, Kakan Kemenag Singkawang membacakan amanat Kakanwil Kemenag Kalbar. Kakanwil menyambut baik kegiatan ini yang dilaksanakan serentak diseluruh Kabupaten/Kota se-Kalbar. Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian Agama yang secara terbuka memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan rekrutmen petugas haji tahun 1439 H / 2018 M. Oleh karena itu, Kakanwil berharap kepada seluruh panitia dan peserta tes dapat melaksanakan dan mengikuti pelaksanaan tes ini sesuai dengan kriteria dan pedoman yang telah ditentukan.

Senada dengan Kakanwil, Kakan Kemenag Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si dalam sambutannya dihadapan para peserta tes calon petugas haji menyampaikan bahwa rekrutmen dilaksanakan untuk mencari petugas Kloter yaitu TPHI dan TPIHI serta petugas NonKloter yaitu PPIH.

Lebih lanjut Nahruji menyampaikan bahwa dari seluruh peserta tes (12 orang) ini, akan diambil sebanyak 7 orang yang akan mengikuti tes tahap berikutnya ke Kanwil Kemenag Kalbar. “Menurut informasi, bahwa pelaksanaan tes di Kanwil akan sedikit berbeda dengan tes yang kita laksanakan sekarang yaitu akan dilaksanakan dengan sistem komputerisasi.” terangnya

“Jadi, Bapak-bapak yang lulus tes disini akan mengikuti tes tingkat provinsi dengan menggunakan komputer atau menggunakan Handphone pintar (Android) yang dilakukan secara terbuka. Artinya hasil seleksi bisa diakses oleh peserta sendiri.” tambahnya

Akhirnya Nahruji menyampaikan selamat mengikuti tes kepada para peserta semoga memperoleh hasil yang terbaik serta berhasil lolos menjadi petugas haji tahun 1439 H / 2018 M dan bagi yang belum beruntung agar jangan berputus asa untuk tetap ikut pada tahun-tahun berikutnya.

Tes Rekrutmen Calon Petugas Haji Tahun 1439 H / 2018 M pun dimulai yang ditandai dengan penyerahan naskah tes yang masih tersegel rapi dari Ika Agustina, SE, Ak JFU Seksi PHU Kanwil Kemenag Kalbar selaku supervisor atau pengawas pelaksanaan tes kepada Kakan Kemenag Singkawang yang kemudian diserahkan kepada Ketua Panitia untuk segera dibagikan kepada para peserta tes. (Jk/hms)

Berita: