Singkawang. Dalam rangka pelaksanaan ibadah Haji Tahun 1441 H / 2020 M Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar Tes Rekrutmen Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tingkat Kota Tahun 1441 H / 2020 M pada Selasa (4/2) di Aula Kementerian Agama Kota Singkawang.

Tes Rekrutmen Calon PPIH tingkat Kabupaten/Kota ini merupakan tahap awal yang dilakukan secara nasional dan selanjutnya bagi peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes tahap kedua di Kantor Wilayah Kemenag Prov. Kalimantan Barat yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 13 Februari 2020 mendatang. Sebanyak 4 orang peserta yang mengikuti tes ini yang dibuka oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Drs. Marhola yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Rekrutmen dan didampingi oleh Fahmi Afero, MM, Pelaksana Subbag Inmas Kanwil Kemenag Kalbar selaku supervisor atau pengawas pelaksanaan tes.

Marhola dalam sambutannya dihadapan para peserta tes calon PPIH menyampaikan bahwa tes ini merupakan tes tahap awal untuk melanjutkan tes tahap berikutnya yang akan dilaksanakan Kanwil Kemenag Kalbar. “Pelaksanaan tes di Kanwil akan juga akan dilaksanakan dengan sistem komputerisasi.” terangnya. “Jadi, Bapak-bapak yang lulus tes disini akan mengikuti tes tingkat provinsi dengan menggunakan komputer atau menggunakan Handphone pintar (Android) yang dilakukan secara terbuka. Artinya hasil seleksi bisa diakses oleh peserta sendiri.” tambahnya.

Tes Rekrutmen Calon PPIH Tahun 1441 H / 2020 M pun dimulai yang ditandai tata tertib oleh Fahmi Afero selaku supervisor atau pengawas pelaksanaan tes kemudian peserta mengerjakan soal secara online pada Handphone pintar (Android) masing-masing yang dimulai pada pukul 09.00 secara nasional.(DH/skw)