Tuntas sudah pelaksanaan ibadah haji yang lebih dari sebulan telah dilaksanakan tiba saatnya kumpul bersama keluarga tercinta membagi pengalaman dan pembelajaran yang di dapat di tanah Haramain. Tampak raut wajah bahagia dan rasa rindu kepada keluarga yang menunggu di ruang penjemputan sehingga membuat sebagian konsentrasi jamaah haji seakan-akan sudah di rumah.

Namun jangan sampai hiporia rasa rindu dan suka cita telah sampai di tanah air membuat lupa akan pengalaman dan pengamalan spiritual keagamaan yang telah digembleng dan dipelajari di tanah suci Makkah dan Madinah. Untuk maka dalam sambutan kedatangannya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Drs. H.Syarul Yadi, M.Si mengutarakan 3 hal yang wajib dijaga oleh jamaah haji ketika sekembalinya ke daerah masing-masing sehingga dapat memakmurkan dan menambah khazanah dakwah Islamiyah nanti yang disampaikan beliau saat menerima kedatangan jamaah haji Kalbar di Asrama Haji Pontianak, rabu ( 20/09/ 2017).

Tiga pesan itu yaitu :

  1. Jaga kecintaaan terhadap masjid. Jamaah haji telah melihat dan merasakan bagaimana ketika di tanah suci ibadah haji sangat erat kaitannya dengan masjid. Sholat lima waktu yang telah terbina selalu di masjid jangan sampai dilupakan ketika sampai ke rumah masing-masing.
  2. Agar para haji dan hajah ikut serta dan aktif dalam Ikatan Persaudaraaan Haji Indonesia (IPHI) di daerah masing. Dengan selalu mengikuti baik itu pertemuan mingguan, bulanan maupun tahunan yang diselenggarakan oleh IPHI. Agar selalu terbina sillahturrahmi dan menjaga semangat ke-Islaman yang telah di dapat saat melaksanakan ibadah haji.
  3. Agar sebelum kembali ke rumah masing-masing para haji dan hajjah saling bermaafan satu sama lain. Memaafkan kesalahan yang telah diperbuat baik itu yang disengaja maupun tidak disengaja ketika melaksanakan ibadah haji. Sehingga tidak ada rasa yang mengganjal dalam manjalin sillahturrahmi satu sama lain.

Itulah semua pesan Drs. H.Syahrul Yadi, M.Si selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan dan Ketua Panitia Penyambutan jamaah haji tahun 2017. @luthfi/inmas

Berita: