Mempawah. Pada minggu terakhir bulan maret tepatnya Jum’at (23/3/18) rombongan tim Khazanah Dakwah Kalbar 2018 bidang Penais Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat bersama Kru TVRI KALBAR, dari Kanwil Kemenag turut menyertai rombongan Plt. Kabid Penais Dra. Hj. Isriyah dan Ivun Kalvida, S.H, M.H serta dari TVRI di pimpin Hery juga Reporter Khanza Qonita dan Kameramen mendampingi TIM Khazanah Dakwah. Sedangkan perwakilan dari Kemenag Kabupaten Mempawah, yaitu Plt. Penyelenggara Syariah Mulyadi, S.Pd.I dan Penyuluh Agama fungsional Ustazd Syahrudin, S.Ag.

Kunjungan ini di maksudkan untuk menggali sejarah perkembangan Islam di Mempawah, Tim dan Kru TVRI mengunjungi Situs-situs Sejarah seperti Keraton Amantubillah, makam Raja-raja Mempawah di Sebukit Rama yaitu Pusara Opu Daeng menambon sebagai Raja Islam pertama Kerajaan Islam di Mempawah dan makam Raja di pulau pedalaman. Kru TVRI juga menggunjungi makam Alhabib Husin Alqadri sebagai Mufti Kerajaan Islam Amantubillah Mempawah di Galaherang.

Tim dan Kru TVRI juga mengunjungi tokoh masyarakat Mempawah H. M Zaini yang lebih dikenal dengan sebutan TOK JAI, untuk menggali catatan sejarah awal perkembangan Islam dan perkembangan dakwah Islam di Mempawah.

Banyak hal yang di sampaikan H. M Zaini dalam wawancara tersebut, terutama mengenai awal kedatangan Islam di Mempawah hingga berkembang pesat sampai saat ini. Tim juga mengunjungi Desa Pasir Dusun Cengkodok untuk melihat beberapa kegiatan keagamaan di masyarakat. Kru TVRI bersama tim Khazanah juga mendatangi Pondok Pasenntren Almuhlisin Desa Antibar dalam rangka mewawancarai Pimpinan Pondok yaitu Tuan Guru H.  M Zakaria, SH.I. Beliau menjelaskan panjang lebar tentang aktivitas di ponpesnya dalam meningkatkan ilmu pengetahuan anak santrinya baik untuk pengetahuan dunia dan bekal di akhirat kelak. Kegiatan ponpes yang mengarahkan anak untuk menjadi insan yang memiliki Imtaq dan Iptek. Dari kegiatan tim yang didokumentasikan TVRI akan menjadi tayangan TVRI Nasional Jakarta dalam Program JALAN JALAN ISLAMI, pada pada tanggal 17 April 2018.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Mempawah H. Kamaludin berharap kegiatan yang sangat langka ini dapat dijadikan sebagai motivasi masyarakat dalam berdakwah menggembang ajaran dan mensyiarkan Islam di Kabupaten Mempawah yang mayoritas memeluk Agama Islam. Hal tersebut disampaikan beliau sewaktu tim Khazanah Dakwah Kanwil dan TVRI bersilaturrahmi di kediaman beliau. Kamaludin juga berharap kegiatan ini dapat menghasilkan sebuah dokumen yang autentik dengan fakta sejarah yang nantinya sangat berguna untuk anak cucu kita dalam memahami sejarah dakwah yang dilakukan Para Ulama dalam mensyiarkan Islam terutama di Kabupaten Mempawah. (Sirad/Mpw)

Berita: