Taman Pendidikan Alquran (TPQ) merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan non formal di bawah binaan dan pengawasan Kementerian Agama melalui Seksi Pendidikan Islam. Karena itu, pendirian TPQ harus memperoleh sertifikat izin pendirian dan nomor statistik pendirian TPQ dari instansi bermoto ikhlas beramal itu.

Karena itu, dalam rangka mengeluarkan legalitas, Seksi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kabupaten Kubu Raya melakukan verifikasi izin operasional TPQ Al-Hikmah Dusun Tanjung Durian Desa Pulau Jambu Kecamatan Sungai Raya. Kegiatan ini dilaksanakan kamis (14/12) yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Drs. H. Ja’far A didampingi Kasi Pendis H. Agus Safwan beserta staff seksi Pendis berangkat ke lokasi jam delapan pagi. Perjalanan ke lokasi melalui jalan tanah kuning yang memakan waktu dua jam dan dilanjutkan dengan menaiki jonson sekitar 10 menit ke lokasi TPQ.

Drs. H. Ja’far A dihadapan siswa/i TPQ mengatakan beliau dulu juga seperti adik-adik ini belajar agama baik bahasa arab maupun mengaji. Jika tidak bisa Iqra maka akan mendapatkan pukulan rotan dari ayahanda, kenangnya.

Agus Safwan mengungkapkan, salah satu data yang diverifikasi adalah apakah lembaga itu sudah mengantongi izin operasional. Langkah awal verifikasi adalah melalui monitoring ke lembaga terkait untuk mengecek administrasi serta persyaratan mendapatkan izin operasional, jelasnya.  (Bond/KKR)

Berita: