Selasa (24/4/2018) Forum Kerukunan Umat Beragama FKUB Kabupaten Sekadau kembali melaksanakn Fasilitasi FKUB tingkat Kecamatan yang kali ini di gelar  di aula Kantor Camat Belitang Hilir. Adapun Narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau H. Darohman, S Ag. M. Si,  Ketua FKUB Kabupaten Sekadau Paulus Lion, Staff Ahli Bupati yang di wakili Antonius Acung dan dari Kesbangpol Hermanto SP. 

Acara di awali dengan menyanyikan lagu indonesia raya kemudian di lanjutkan sambutan sekaligus membuka acara oleh Camat Belitang Hilir yang di wakili oleh Ibu Minah Kasi Kesra Kecamatan Belitang Hilir. Acara yang di hadiri Kapolsek Belitang Hilir, koramil,  tokoh agama,  tokoh masyarakat se kecamatan Belitang Hilir.

Koramil yang di wakili Yupinus mengharapkan kepada peserta yang hadir untuk selalu menjaga kerukunan umat beragama, saling bekerjasama saling hormat menghormati tidak saling melecehkan selalu menjaga kedamaian dan kerukunan di kecamatan Belitang Hilir. 

Kesbangpol Hermato menuturkan kegiatan ini merupakan fasilitasi FKUB di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan yang ke enam,  tujuan kegiatan untuk menjaga kedamaian dan kerukunan di Kabupaten sekadau dalam rangka menjaga kerukunan menjelang pelaksanaan pemilukada yang sebentar lagi akan di laksanakan. 

Kepala Kemenag Sekadau H. Darohman, S.Ag.M.Si mengatakan  Indonesia terdiri berbagai macam ke aneka ragaman yang terdiri dari berbagai suku dan agama. Pemerintah telah menjamin kepada seluruh masyarakat untuk memilih agama sesuai dengan keyakinannya masing-masing yang telah di atur dalam perUndang-undangan.  Dengan dialog ini merupakan bentuk silaturrahmi antar tokoh agama di Kecamatan Belitang Hilir. Lebih sering mengadakan pertemuan karena semakin sering bertemu akan semakin baik untuk menjaga silaturrahmi. 

Saling memahami antar budaya, agar tidak terjadi salah paham dan memperkuat toleransi. Pembinaan kerukunan perlu terus di laksanakan karena Indonesia terdiri bermacam ragam suku adat istiadat yang berbeda budaya agar saling memahami dan saling toleransi. Penting menjaga kerukunan melalui pembinaan kerukunan sesuai dengan Trilogi Kerukunan. 

Dengan adanya FKUB di Kecamatan semoga dapat menjalin silaturahmi antar tokoh agama dan tokoh masyarakat. "Karena Tokoh agama memiliki peran penting dalam menjaga kerukunan. Membangun kerukunan harus siap-siap berbeda dalam kerukunan," tukas. (Andre) 

Berita: