Desiran air mengalir di air terjun Perembang menyapa kami dengan damai mempercepat langkah menuju air terjun tiga tingkat berbatu di Dusun Perembang Desa Gala Kecamatan Pinoh Selatan. Aroma alam menghiasi perjalanan touring Kementerian Agama pada hari Sabtu, 13 Januari 2018. Meski jalan berlumpur tidak menyurutkan semangat merangkai langkah  menikmati indahnya alam Perembang. Desiran air sungai Mangat yang landai berbatu kerikil sehingga air tetap bersih yang mebedakan dengan sungai-sungai lain berwarna kuning karena di hulu sungai terdapat perkebunan sawit bersekala besar.

Perembang memang menyimpan potensi wisata alam yang mempesona. Sungai Mangat yang landai mengalir cukup deras bisa menjadi ajang rekreasi mengggunakan perahu tradisional atau perahu karet tetapi memang harus ditunjang dengan infrastruktur jalan yang memadai di tepi sungai. Satu kilo meter dari Dusun Perembang ke arah bukit kita bisa menikmat keindahan Embung asset pemerintah pusat. Di sini kita bisa menikmat kebersamaan karena tempatnya sudah ditata dengan indah sehinggga menjadi tempat yang ideal untuk  rekreasi keluarga.

Touring Kementerian Agama adalah salah satu rangkaian  kegiatan Keluarga Besar Kementerian Agama Kabupaten Melawi dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) yang ke -72. Touring itu sungguh mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan di antara kami. Setelah kami menikmati keindahan Embung Perembang, bersama-sama kami mendaki bukit kurang lebih satu kilometer berjalan kaki, di sana kami menikmat air terjun tiga tingkat berbatu yang indah mempesona. Anak-anak dan orangtuanya  beramai-ramai mandi seraya menadah hentakan jatuhan air terjun yang memperlancar peredaran darah. Hembusan semangat air terjun mengantar kami kembali tanpa lelah meski hujan lebat ke Nanga Pinoh. Terima kasih Tuhan untuk alam yang engkau berikan kepada kami. (geby melawi)

Berita: