(Melawi)Anak adalah titipan dari Allah SWT yang di amanatkan kepada kita untuk di perlakukan dengan tiga perkara yaitu Asah, Asih dan Asuh, dengan melalui Lembaga Pendidikan seperti Taman Pendidikan Quran (TPQ) kita dapat mengasah, mengasih dan mengasuh anak-anak kita menjadi lebih baik dalam mempelajari dan memahami Al-Quran.

TPQ adalah suatu Lembaga Pendidikan semi resmi yang ada di masyarakat dalam rangka mendidik anak-anak di dalam mengajarkan baca tulis Al-Quran yang dilaksanakan pada Surau, Masjid atau Gedung yang dimiliki oleh Lembaga tersebut.

Senin tanggal 8 September 2014 kemarin Pengurus Lembaga TPQ Bahrul Qiraat Desa Tanjung Lay Kecamatan Nanga Pinoh, dilaksanakan Pengukuhan pengurus Lembaga TPQ tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Melawi H. Azharuddin Nawawi, S.Ag. Ketua Pengurus Lembaga TPQ Bahrul Qiraat Jaini G. Japri mengatakan untuk saat ini jumlah santri kami sebanyak 85 santri yang aktif.

Kita memliki tenaga pengajar sebanyak 15 orang berasal dari setempat, ada juga yang berasal dari luar daerah ujar Jaini. Ia berharap masyarakat sekitar tetap memberikan dukungan dengan keberadaan Lembaga TPQ Bahrul Qiraat ini.

Di hadiri oleh Kasi Pendis Kantor Kemenag Kab. Melawi, Pengawas PAI, Kepala KUA Kec. Nanga Pinoh, Belimbing dan Pinoh Utara. Mudah-mudahan dengan melalui TPQ ini kita dapat meneruskan isi dari tuntunan Al-Quran kepada anak-anak kita sehingga untuk kedepan nanti akan menjadi anak-anak yang benar-benar bisa memahami dan menerapkan isi dari Al-Quran. Kata Azharuddin kemudian dilanjutkan dengan tausiyah yang diberikan oleh Kepala KUA Kec. Belimbing H. Nuryanto, S.HI. (MLW).