Setelah seluruh kontingen yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia mengikuti acara pembukaan Pentas PAI Nasional VIII Tahun 2017 pada Senin Malam, 9 Oktober 2017, keesokan harinya (tanggal 10 Oktober 2017), dilangsungkan Technical Meeting (TM) untuk seluruh cabang lomba. TM dimulai pukul 10.00-12.00 WIB di beberapa lokasi yang berada di arena utama Taman Shulthanah Shafiatuddin. Sedangkan lomba untuk seluruh cabang baru dimulai pukul 14.00 WIB.

Ada delapan cabang yang dilombakan dalam Pentas PAI VIII tahun ini. Yakni cabang lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Debat PAI (LDP), Lomba Seni Nasyid (LSN) dan Lomba Kreasi Busana (LKB). Kontingen Kalbar hanya mengikuti enam cabang dari 8 cabang yang dilombakan. Yakni MTQ, MHQ, LPP, LCP, LKB, dan LSN. Sedangkan lomba Kaligrafi dan Lomba Debat, Kalbar tidak mengirimkan peserta.

Pada keesokan harinya, tanggal 11 Oktober 2017, ada beberapa cabang lomba yang masih harus menyelesaikan babak penyisihan. Namun ada juga yang sudah mengumumkan 10 besar peserta yang akan melaju ke babak final. Dari enam cabang yang diikuti, kontingen Kalbar berhasil lolos sebanyak 7 orang untuk melanjutkan perjuangan ke babak final. 

Adapun tujuh peserta asal Kalbar yang lolos dan berhak melaju ke babak final adalah Malikah Khaira Khalqillah (Cabang MTQ SD Putri), Syahida (MTQ SMP Putri), Muhammad Raihan Jamil (MTQ SMP Putra), Khairunnisa (MTQ SMA Putri), Abang Nabil Putra Setiawan (MHQ SD Putra), Maghfirah Izzani Nurmavida (LPP SD Putri), dan Heba Sukmaraga Heru Rakasiwi (LKB SMA/SMK).

Walau tidak semua peserta utusan Kalbar masuk final, namun seluruh official dan  pendamping cukup senang dengan keberhasilan putra/putri terbaik Kalbar yang ikut serta dalam event dua tahunan yang digelar oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dari tanggal 9 – 13 Oktober 2017 ini. Selalu berpikir positif dan berharap tujuh peserta Kalbar mampu mempersembahkan yang terbaik. Segala upaya telah dilakukan dengan maksimal, namun persoalan hasil akhir, Allahlah yang menentukan.

Rabu malam (11/10/2017), seluruh final lomba di semua cabang selesai dilaksanakan. Sehingga seluruh peserta dan pendamping bisa sedikit lega. Karena semua usaha telah dilakukan. Tinggal menunggu hasil akhirnya yang akan diumumkan panitia pada malam penutupan. Sesuai jadwal, acara penutupan dilaksanakan pada Jumat malam (13/10/2017) di lokasi yang sama pada saat pembukaan, yakni di Taman Shulthanah Shafiatuddin, Aceh.

Keesokan harinya, Kamis (12/10/2017), seluruh kontingen Kalbar melakukan tour wisata mandiri menuju titik nol di Sabang. Sedangkan hari jumat pagi (13/10/2017), peserta mengikuti agenda panitia berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal di Aceh dan sekitarnya. Antara lain berkunjung ke Masjid Baiturrahman, PLTD Apung, Museum Tsunami Aceh, dan lainnya.

Jumat malam, dilakukan acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang dan penyerahan piala kepada seluruh pemenang lomba. Sebelum penyerahan hadiah, rangkaian acara Pentas PAI Nasional VIII Tahun 2017 ini ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Seluruh kontingen tampak harap-harap cemas menanti pengumuman panitia. Sembari berharap nama peserta dan provinsinya disebutkan sebagai salah satu pemenang lomba. Suasana suka cita jelas terlihat dari seluruh kontingen yang mendapati nama peserta dan provinsinya disebutkan sebagai pemenang I, II, III, Harapan I, Harapan II, dan Harapan III dari delapan cabang yang dilombakan. Begitu juga dengan kontingen Kalbar yang ikut bersorak ketika nama peserta dan provinsi Kalbar disebutkan sebagai salah satu pemenang lomba.*(Sumi/Ptk)

Berita: