Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekadau (MIN) Hj.Syamsiar berharap siswa yang mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) bisa memperoleh nilai yang bagus. Meskipun kelulusan tetap ditentukan dari sekolah. Namun Ia tetap berharap siswa memiliki nilai yang baik. Lulus dalamĀ artian segalanya, baik tingkah laku, IQ, memiliki ahlak yang baik sehingga di lingkungan tempat tinggalnya bisa menunjukan sifat yang akhlaktul karimah.

Lebih jauh dijelaskan untuk tahun 2017 ini selaku madrasah penyelenggara sebanyak 29 siswa mengikuti UAS ditambah 21 siswa dari MI Ar Rahmah yang menginduk di MIN Sekadau Hilir. Adapun mata pelajaran yang di UAS kan matematika, bahasa indonesia dan IPA, satu hari satu mata pelajaran,"kata Syamsiar, selasa (16/5/2017).

Berbeda dengan UAMBN peserta lebih banyak karena berasal dari 4 madrasah, selain MIN ada MI Ar Rahmah, Miftahul Huda Engkersik dan MIS Amaliyah Rawak Sekadau Hulu. Untuk UAS masing-masing Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sekadau memiliki rayon masing-masing, dikarenakan tempat ataupun lokasi yang berjauhan.

Mengenai pengawas di lakukan sistem silang, agar siswa memiliki motivasi disiplin dalam mengikuti ujian. Pada pelaksanaan UAS hari kedua Plh.Kepala Kantor Kemenag Sekadau H.Suprapto,S.Pd.I meninjau langsung pelaksanaan ujian di MIN. Tampak hadir mendampingi siswanya mengikuti UAS Kepala MI Ar rahmah Muhdlar,S.Pd.I. (Humas-KemenagSKD)