Kalbar_Inmas. Sebanyak 120 Kepala Urusan Agama (KUA) non penghulu dari Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat mengikuti uji kompetensi di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Kalbar bertempat di Hotel Orchadz. Jl. Gajahmada Pontianak.  

Kegiatan tersebut digelar oleh Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalbar selama 3 (tiga) hari dari tanggal 22 s.d 24 November 2017 yang merupakan program dari Dirjen Bimas Islam Kemenag RI.

Uji kompetensi tersebut merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Agama RI Nomor 208 Tahun 2017 tentang pedoman penyesuaian atau Inpassing dan penetapan kebutuhan jabatan fungsional penghulu.

Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Kalbar, Supardi, S.Ag menyatakan bahwa Kepala KUA non penghulu diharapkan bisa menyesuaikan diri ke dalam jabatan fungsional penghulu.

"Kami juga berharap, kompetensi ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi kepala KUA non Penghulu dalam melaksanakan pelayanan nikah dan rujuk," katanya.

Pada acara penutupan uji kompetensi 24/11/2017 Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Bimbingan Syari’ah Dra.Hj. Isriyah menyatakan bahwa KUA merupakan kepanjangan Tangan dari Dirjen Bimas Islam yang berhadapan langsung dengan masyarakat yang ada disekitarnya.

“Saat ini peran dan tugas KUA semakin bertambah, yaitu adanya kewajiban untuk turut serta dalam memberikan pembinaan pada calon jamaah haji yang kita kenal dengan manasik haji, oleh karena itu dituntut pelayanan yang prima,” jelas Isriyah.

Melalui kegiatan uji kompetensi ini Isriyah berharap agar mampu melahirkan penghulu-penghulu yang berkualitas dan selalu mengkoordinasikan setiap program dengan kemenag Kabupaten Kota setempat.

“Semoga Kepala KUA yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi teladan minimal bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Karena penghulu kedepan akan menjadi pejabat fungsional yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan Jabatan penghulu bisa mencapai pangkat hingga IV/e,” ujarnya. (Ir-Inmas)

Berita: