Kementerian Agama dalam rangka memfasilitasi pegawainya untuk selalu meningkatkan kualifikasi pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam rangka meningkatkan kinerja dan kualitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah menetapkan kebijakan selain melalui pemberian tugas belajar juga memberi kesempatan kepada ASN melanjutkan pendidikan atas biaya sendiri (izin belajar).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Ortala Kanwil Kemenag Kalbar Drs. Tukiman, M.Si, saat menyampaikan sambutan pada pembukaan kegiatan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Kalbar Selasa pagi (10/07/2018).

 “Kebijakan pemberian izin belajar tentu juga berimplikasi antara lain dengan kenaikan pangkat ASN,” jelas Tukiman saat menyampaikan sambutannya.

Lebih lanjut Tukiman menuturkan bahwa tujuan Ujian Dinas dan UPKP ini adalah untuk mengukur kompetensi ASN yang akan naik pangkat dan golongan dan juga merupakan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat.

Kegiatan UPKP kali ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar H. Rohadi, S.Ag, M.Si. Dalam arahannya beliau mengingatkan bahwa secara umum, minat masyarakat untuk menjadi ASN sangat besar, oleh karena itu Rohadi berharap agar para peserta Ujian Dinas dan UPKP saat ini benar benar memahami betul atas anugerah sebagai Aparatur Sipil Negara.

“Sebenarnya tugas ASN itu tidak berat cukup anda memahami tiga prinsip pokok seperti Integritas, memahami peraturan dan Undang-undang dan tertib administrasi, maka seorang ASN dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” jelas Rohadi.

Selanjutnya Kabag TU yang baru dilantik pada awal bulan Mei 2018 menegaskan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian ASN kepada negara serta upaya mewujudkan keadilan dalam memberikan penghargaan maka Kanwil Kemenag Kalbar menyelenggarakan Ujian Dinas dan UPKP ini.

“Ujian Dinas dan UPKP ini dilakukan dalam rangka menjamin efektifitas dan efesiensi pelaksanaan tugas serta agar ujian dimaksud berjalan dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu pelaksanaan UDTK I UDTK II dan UPKP bagi ASN di lingkungan Krementerian Agama Tahun Angaran 2018 melalui tes tertulis dan seminar kertas tulis/kertas kerja,” jelas Kabag TU.

Pelaksanaan UDTK I , UDTK II dan UPKP bagi ASN di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun ini diikuti oleh 63 orang, yang terdiri dari, Peserta Ujian Dinas Tingkat II hanya 1 orang, Peserta Ujian Dinas Tingkat I 3 orang, Peserta UPKP Tingkat III 57 orang dan Peserta UPKP Tingkat II hanya 2 orang.  (Ir-Inmas)

Berita: